TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI INTERNET (E-COMMERCE)

Muhammad Rizki Anugrah, NIM. 502017221 (2021) TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI INTERNET (E-COMMERCE). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017221_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
502017221_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI INTERNET (E-COMMERCE) Oleh MUHAMMAD RIZKI ANUGRAH ABSTRAK Kehadiran internet telah memberikan keyakinan akan pentingnya teknologi di dalam pencapaian tujuan finansial suatu perusahaan melalui modifikasi dan efisiensi proses bisnis yaitu dengan memanfaatkan E-Commerce. dan E-Commerce merupakan salah satu keunggulan baru dari internet yang kian digemari oleh banyak orang. di mana semakin banyak orang sudah mulai melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan media internet maka yang menjadi permasalahan adalah Kapan kesepakatan terjadi pada perjanjian jual beli melalui internet (e-commerce) dan Apakah transaksi jual yang menggunakan media internet ini telah memenuhi syarat sahnya suatu perjanjian menurut buku III Kitab Undang-Undang Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Selaras dengan ruang lingkup dan permasalahan serta tujuan maka jenis penelitian ini adalah tergolong penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. dengan cara penelitian kepustakaan yakni dengan mengkaji bahan hukum sekunder yaitu buku-buku yang tersusun dalam bentuk literatur yang berhubungan dengan perjanjian jual beli melalui internet. Dan juga bahan hukum primer yang berupa buku III KUHPerdata. Berdasarkan penelusuran lebih jauh, terutama yang bersangkutpaut dengan permasalahan, hasil dari kesimpulan Kesepakatan dalam perjanjian jual beli melalui internet (e-commerce) terjadi ketika customer menyepakati ketentuan dan syarat yang diberikan oleh merchant. Hal tersebut dapat dibuktikan ketika customer memberikan tanda check dan setelah merchant menerima email atau sms balasan dari customer yang menyatakan bahwa dia menyepakati apa yang ada di dalam perjanjiann tersebut atau dapat juga dengan mengisi form yang telah disediakan oleh merchant. Transaksi jual beli yang menggunakan media internet ini telah memenuhi syarat sahnya suatu perjanjian menurut buku III KUHPerdata. a. Sepakat. b. Hal Tertentu c. Sebab yang Halal Mengenai syarat kecakapan yang tidak terpenuhi, transaksi jual beli melalui internet yang dilakukan oleh customer dan merchant tetap berlaku dan mengikat juga menjadi undang-undang bagi merchant dan customer. Karena syarat kecakapan termasuk dalam syarat subjektif dimana meskipun syarat ini tidak terpenuhi bukan berarti transaksi ini tidak sah, tetapi dapat dibatalkan. Kata Kunci: Perjanjian, Jual Beli, Internet (E-commerce)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Yudistira Rusydi, S.H., M.Hum. 2. H. Zulfikri Nawawi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perjanjian, Jual Beli, Internet (E-commerce)
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 28 Jun 2021 05:39
Last Modified: 28 Jun 2021 06:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15795

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.