ANALISIS PENGATURAN JAMINAN FIDUSIA DAN PERLINDUNGAN HUKUM KREDITUR PADA PERJANJIAN FIDUSIA DI INDONESIA

FATHAN ELAN YUUKHAA MUKHTARUDIN, NIM. 502017423 (2021) ANALISIS PENGATURAN JAMINAN FIDUSIA DAN PERLINDUNGAN HUKUM KREDITUR PADA PERJANJIAN FIDUSIA DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017423_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (965kB) | Preview
[img] Text
502017423_BAB II_SAMPAI BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENGATURAN JAMINAN FIDUSIA DAN PERLINDUNGAN HUKUM KREDITUR PADA PERJANJIAN FIDUSIA DI INDONESIA Fathan Elan Yuukhaa Mukhtarudin Dalam pelaksanaan perjanjian pembiayaan konsumen tidak terlepas dari konsekuensi hukum. Oleh karena dalam pelaksanaannya pasti akan menemukan banyak kesalahan ataupun kelalaian dari salah satu pihak sehingga terhadapnya dapat dikenakan pertanggung jawaban akan akibat hukum yang terhadap suatu kesalahan atau kelalaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam mengenai Mekanisme Pengaturan Jaminan Fidusia dan Perlindungan Hukum bagi Kreditur di dalam kegiatan Perjanjian Jaminan Fidusia di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif yang di ambil menggunakan data sekunder yang di peroleh melalui penelitian Kepustakaan (Library Research) yang bersumber dari bahan hukum primer dan bahan hukum skunder. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa Pengaturan Jaminan Fidusia di Indonesia di atur dalam Undang-Undang No 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia dari pasal 5, pasal 11, pasal 19 dan pasal 25. Dan bentuk perlindungan hukum bagi kreditur pada jaminan perjanjian fidusia yaitu, apabila debitur cidera janji, kreditur mempunyai hak untuk menjual benda yang menjadi objek jaminan fidusia berdasarkan atas kekuasaannya sendiri, adanya peraturan bahwa pemberi fidusia dilarang mengalihkan, menggadaikan, atau menyewakan kepada pihak lain Benda yang menjadi objek jaminan fidusia yang tidak merupakan benda persediaan, kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dan Penerima Fidusia, dan berlakunya Asas Droit De Suite (Hak yang terus mengikuti pemilik benda). Kata Kunci : Jaminan Fidusia, Perlindungan Hukum, Kreditur, Perjanjian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Serlika Aprita,S.H.,M.H 2. Dr. Hj.Sri Suatmiati,S.H.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jaminan Fidusia, Perlindungan Hukum, Kreditur, Perjanjian
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 08 Apr 2021 06:42
Last Modified: 08 Apr 2021 06:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.