PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PEMBUKTIAN PUTUSAN PERKARA TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG YANG TINDAK PIDANA ASALNYA YAITU TINDAK PIDANA KORUPSI (STUDI PUTUSAN DI WILAYAH SUMATERA SELATAN)

UTARI EKA PUTRI, NIM.502017004 (2021) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PEMBUKTIAN PUTUSAN PERKARA TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG YANG TINDAK PIDANA ASALNYA YAITU TINDAK PIDANA KORUPSI (STUDI PUTUSAN DI WILAYAH SUMATERA SELATAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017004_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
502017004_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

ABSTRAK PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PEMBUKTIAN PUTUSAN PERKARA TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG YANG TINDAK PIDANA ASALNYA YAITU TINDAK PIDANA KORUPSI (STUDI PUTUSAN DI WILAYAH SUMATERA SELATAN) Utari Eka Putri Nim: 502017004 Tindak pidana pencucian uang yang predicate crime tindak pidana korupsi merupakan salah satu tindak kejahatan melawan hukum sehingga dapat dikenakan hukuman pidana. Pertimbangan hakim merupakan salah satu aspek terpenting dalam menentukan terwujudnya nilai dari suatu putusan hakim yang mengandung keadilan (ex aequo et bono) dan mengandung kepastian hukum, di samping itu juga mengandung manfaat bagi para pihak yang bersangkutan sehingga pertimbangan hakim ini harus disikapi dengan teliti, baik, dan cermat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pertimbangan hakim dalam pembuktian putusan perkara tindak pidana pencucian uang yang predicate crime tindak pidana korupsi. Adapun permasalahan dalam skripsi ini yaitu Pertimbangan Hakim Dalam Pembuktian Perkara Tindak Pidana Pencucian Uang Yang Yang Predicate crime Tindak Pidana Korupsi serta Bagaimana Sanksi Dalam Tindak Pidana Pencucian Uang Yang predicate crime Tindak Pidana Korupsi. Adapun jenis penelitian dan penulisan skripsi ini adalah metode penelitian normatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data sekunder, yaitu melalui library research (penelitian kepustaaan) dengan mempergunakan bahan hukum primer dan sekunder seperti buku-buku ilmia, putusan pengadilan negeri, peraturan perundang-undangan, serta internet yang berkaitan dengan penulisan skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitihan ini bahwa Pertimbangan hakim tidak teliti, baik dan cermat maka Putusan Hakim yang berasal dari pertimbangan hakim tersebut akan dibatalkan oleh Pengadilan Tinggi atau Mahkamah Agung. Maka dari itu Pembuktian merupakan tahap yang paling penting dalam Pemeriksaan di Persidangan dan hakim tidak dapat menjatuhkan suatu Putusan sebelum nyata baginya, bahwa perstiwa/fakta tersebut benar benar terjadi, yakni dibuktikan kebenarannya, sehingga nampak ada hubungan hukum antara para pihak. pertimbangan hakim yang predicate crime korupsi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana diatur maka terdakwa yang melakukan tindak pidana tersebut diancam pidana sesuai yang telah di atur dalam Undang-Undang dan KUHP. Kata kunci: Pertimbangan Hakim, Pencucian uang ,korupsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Reny Okprianti, SH., M.Hum 2. M. Soleh Idrus, SH., MS
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pertimbangan Hakim, Pencucian uang ,korupsi.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 08 Apr 2021 03:29
Last Modified: 08 Apr 2021 03:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15636

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.