PENYELESAIAN SENGKETA E-COMMERCE MELALUI ARBITRASE ONLINE DAN AKIBAT HUKUMNYA

PIPIT WILINDA SARI, NIM.502017245 (2021) PENYELESAIAN SENGKETA E-COMMERCE MELALUI ARBITRASE ONLINE DAN AKIBAT HUKUMNYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017245_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017245_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

ABSTRAK PENYELESAIAN SENGKETA E-COMMERCE MELALUI ARBITRASE ONLINE DAN AKIBAT HUKUMNYA Pipit Wilinda Sari Semakin majunya perkembangan teknologi juga berdampak dalam kegiatan perdagangan. Jual beli konvensional berubah menjadi Jual beli yang dapat dilakukan melalui media elektronik atau dikenal dengan e-commerce. Dalam proses kegiatannya, permasalahan sengketa yang mungkin terjadi juga semakin besar. Untuk mengimbangi hal tersebut, maka diperlukan suatu penyelesaian yang sama dengan sistem jual beli elektronik tersebut. Penyelesaian yang dapat digunakan adalah melalui arbitrase online. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan mengenai penyelesaian sengketa e-commerce melalaui arbitrase online. Adapun permasalahan dalam skripsi ini yaitu mengenai bagaimana proses atau prosedur penyelesaian sengketa e-commerce melalui arbitrase online serta bagaimanakah akibat hukum putusan yang timbul dari penyelesaian sengketa tersebut. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian Hukum Normatif atau disebut dengan studi pustaka, yang bersifat deskriptif analistis, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan suatu hal atau peristiwa tertentu dengan menggunakan teori-teori hukum yang berkaitan dengan objek penelitian. Data yang digunakan adalah data sekunder, kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian ini dapat dipahami bahwa penyelesaian sengketa e-commerce melalui arbitrase online pada dasarnya memiliki proses atau prosedur yang sama dengan penyelesaian sengketa melalui arbitrase konvensional, yang membedakan hanya pada media yang digunakan. Oleh karena itu, arbitrase online dimungkinkan dapat diterapkan di Indonesia asalkan sesuai dan tidak bertentangan dengan Undang- Undang Nomor 30 Tahun 1999. Mengenai akibat hukum putusan dari penyelesaian sengketa e-commerce melalui arbitrase online adalah timbulnya hak dan kewajiban dimana pihak penggugat berhak menerima pemenuhan atas tuntutan yang dituntutkan kepada pihak tergugat atau termohon, sedangkan pihak tergugat memiliki kewajiban untuk memenuhi tuntutan berupa membayar ganti rugi atau sejumlah uang atau menyerahkan barang sesuai yang dituntut oleh pihak penggugat. Kata Kunci : penyelesaian sengketa, arbitrase, arbitrase online, e-commerce

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. M. Soleh Idrus, S.H.,M.S. 2. H. Zulfikri Nawawi, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : penyelesaian sengketa, arbitrase, arbitrase online, e-commerce
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 06 Apr 2021 06:32
Last Modified: 06 Apr 2021 06:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.