PERANAN DAN TANGGUNGJAWAB KEJAKSAAN TINGGI SUMATERA SELATAN DALAM PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

YODI ARI KUSUMA, NIM. 502017365 (2021) PERANAN DAN TANGGUNGJAWAB KEJAKSAAN TINGGI SUMATERA SELATAN DALAM PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017365_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
502017365_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)

Abstract

Korupsi atau rasuah adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Permasdlahan skripsi adalah: 1. Bagaimana peranan Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi di Provinsi Sumatera Selatan; 2. Bagaimana tanggung jawab Kejati Sumsel dalam pemberantasan tindak pidana korupsi di Provinsi Sumatera Selatan? Adapun jenis penelitian ini tergolong penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif analitis, sehingga tidak berkehendak menguji hipotesis. Teknik pengumpulan data dititikberatkan pada penelitian lapangan ditambah kepustakaan dan perundang-undangan terkait dengan cara mengkaji data primer yang berupa bahan hukum primer (peraturan perundang-undangan), bahan hukum sekunder (literatur, hasil penelitian), dan bahan hukum tersier (kamus umum, kamus hukum, ensiklopedia dan lain lain). Kesimpulan skripsi ini adalah: 1. Peranan Kejati Sumsel dalam pemberantasan korupsi di Provinsi Sumsel sesuai dengan tugas dan kewenangannya sebagai penyelidik dan penyidik, sebagai penuntut dan juga sebagai pelaksana putusan hakim atau pelaksana eksekusi sebagaimana diatur dalam Pasal 30 ayat (1) huruf d Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik; 2. Tanggung jawab Kejaksaan Tinggi Sumsel dalam mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi di Provinsi Sumatera Selatan adalah menegakkan hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku; melakukan pengawasan dan pengamatan; dan mengajukan upaya hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Luil Maknun, SH., MH 2. Dr. Muhammad Yahya Selma, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Peranan, Kejati Sumsel, Tipikor
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:15
Last Modified: 03 Jun 2021 02:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.