PERANAN KOPERASI SYARI’AH BMT PRIMA DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA RANTAU DURIAN I KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

MARINAH, 642017008 (2021) PERANAN KOPERASI SYARI’AH BMT PRIMA DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA RANTAU DURIAN I KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017008 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
642017008 BAB II _SAMPAI DENGAN BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Koperasi Syariah BMT Prima Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Desa Rantau Durian I Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Keberadaan Koperasi Syariah BMT Prima diakui sangat membantu dalam memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya desa rantau durian I. Dengan pembiayaan yang berikan oleh BMT masyarakat mampu untuk mengembangkan usahanya. Pada dasarnya BMT mempunyai fungsi dan peran dalam Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi sosialnya. Dan berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyrakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data skunder. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentas yang dapat menjawab persamasalahan yang ada. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan Koperasi Syariah BMT Prima memang sangat strategis, demi terangkatnya ekonomi masyarakat kecil, dalam hal ini Peran Koperasi Syariah BMT Prima dalam memberdayakan ekonomi masyarakat berposisi sebagai penyandang dana atau modal yang kemudian disalurkan kepada anggota Koperasi Syariah BMT Prima yang masih membutuhkan dana sebagai modal usaha, selain itu juga dengan sitem jemput bola yang diterapkan oleh BMT mempermudah nasabah untuk menabung atau menyimpan dananya kepada Koperasi Syariah BMT Prima. Dalam hal ini Koperasi Syariah BMT prima juga tidal terlepas dari beberapa kendala bersifat internal maupun ekternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Rulitawati M.Pd.I 2. Rijalush Shalihin S.E.I., M.H.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peranan, Koperasi Syari’ah BMT Prima, Memberdayakan Ekonomi masyarakat
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:28
Last Modified: 07 Apr 2021 03:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15529

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.