PELAKSANAAN HUKUM ADAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG SIMBUR CAHAYA MASYARAKAT PALEMBANG (STUDI KASUS DI KAMPUNG ARAB KOTA PALEMBANG)

RAIS ANTONI, NIM. 502017019 (2021) PELAKSANAAN HUKUM ADAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG SIMBUR CAHAYA MASYARAKAT PALEMBANG (STUDI KASUS DI KAMPUNG ARAB KOTA PALEMBANG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017019_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
502017019_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN HUKUM ADAT BERDASARKAN SIMBUR CAHAYA MASYARAKAT PALEMBANG (STUDI KASUS KAMPUNG ARAB PALEMBANG) RAIS ANTONI Undang-undang Simbur Cahaya merupakan kitab undang-undang hukum adat, yang merupakan perpaduan antara hukum adat yang berkembang secara lisan di pedalaman Sumatera Selatan, dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan ketentuan Undang-undang Simbur Cahaya yang masih diamalkan masyarakat Palembang terkhususnya masyarakat yang berada di Kampung Al-Munawar (Kampung Arab) serta untuk mengetahui bagaimana penerapan sanksi terhadap pelaksanaan hukum adat berdasarkan Undang-undang Simbur Cahaya di masyarakat Palembang terkhususnya masyarakat Kampung Al-Munawar (Kampung Arab). Penelitian yang dilkakukan adalah penelitian hukum yuridis Normatif dengan pendekatan yuridis Sosiologis yang diambil data primer dengan melakukan wawancara dan data skunder dengan mengolah data dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasaan menunjukan bahwa pelaksanaan hukum adat di masyarakat Palembang terkhusus di Kampung Al-Munawar (Kampung Arab) masih menerapkan peraturan hukum adat yang terkandung dalam Undang-undang Simbur Cahaya, contohnya dalam perkawinan, pertunangan serta dalam musyawarah yang dilakukan oleh masyarakat saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. ATIKA ISMAIL, SH., MH. 2. RUSNIATI, SE., SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pelaksanaan hukum adat, Simbur Cahaya, Kampung Arab
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Adat
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 06 Apr 2021 03:56
Last Modified: 06 Apr 2021 03:56
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15507

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.