POTENSI PASAR TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pasar Selasa Desa Sidomulyo 18 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin)

Dwi Putri Apriyani, NIM. 642017011 (2021) POTENSI PASAR TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pasar Selasa Desa Sidomulyo 18 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642017011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
642017011_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Putri Apriyani. 64 2017 011 Potensi Pasar Tradisional Dalam Peninggkata Ekonomi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Selasa Sidomulyo 18 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pasar Selasa Sidomulyo 18 berpotensi dalam peningkatan ekonomi masyarakat Desa Sidomulyo 18 1Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin? 2) Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap perilaku ekonomi para pedagang pasar Selasa Sidomulyo dalam peningkatan ekonomi mereka? Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah bersifat kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer yaitu sumber yang langsung diperoleh dari responden melalui wawancara dengan 15 pedagang pasar Selasa Sidomulyo 18, dan juga sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan kepustakaan lainnya. Tehnik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumnetasi. Pasar dalam persepektif ekonomi islam adalah pasar yang didalamnya diterapkan nilai-nilai islam, seperti jual beli yang sah menurut syara’ harus memiliki rukun syarat yang sesuai dengan islam, yaitu terdapat akad, orang yang berakad, ma’qud alaih (barang yang dijual belikan) serta terdapat nilai tukar pengganti barang. Pasar Selasa Sidomulyo berpotensi dalam meningkatkan ekonomi perdagangan adapun Potensi Pasar Selasa Sidomulyo yaitu pertama, harga yang murah, kedua, bermacam-macam produk yang dijual, ketiga, barang yang dijual cukup lengkap keempat, merupakan pasar terbesar di dua Kecamatan. Dengan memaksimalkan potensi yang ada di pasar tradisional ini dapat meningkatkan pendapatan pedagang dan mendorong kemandirian ekonomi masyarakat sidomulyo. Prinsip Syari’ah yang diterapkan pedagang pasar selasa sudah sesuai dengan yang dianjurkan dalam islam yakni sudah sesuai dengan syari’at islam menjaga kehalalan produk, menjaga kebersihan barang dagangan serta lapaknya, menaga kepercayaan konsumen dengan kejujuran dalam hal timbangan. Kata Kunci : Potensi Pasar Tradisioal, Peningkatan Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Abu Hanifah, M.HUM 2. Rijalush Shalihin S.E.I.,M.H.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Potensi Pasar Tradisioal, Peningkatan Ekonomi
Subjects: Ekonomi Syariah > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 06 Apr 2021 06:43
Last Modified: 06 Apr 2021 07:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15487

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.