ANALISIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN NEGERI KELAS 1 A PALEMBANG TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN ANAK

SONIA SARAH SAVIRA, NIM. 502017253 (2021) ANALISIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN NEGERI KELAS 1 A PALEMBANG TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN ANAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017253_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
502017253_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)

Abstract

ABSTRAK Penulisan skripsi ini dengan judul “Analisis Putusan Hakim Pengadilan Negeri Kelas 1 A Palembang Terhadap Tindak Pidana Pencurian Yang Dilakukan Anak” dilatar belakangi oleh maraknya tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak di Kota Palembang. Maka tujuan dari penulisan ini ialah untuk mengetahui pertimbangan hakim yang memutus perkara tindak pidana pencurian oleh anak dan pelaksanaan putusan hakim terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian di Pengadilan Negeri Kelas 1 A Palembang. Untuk bisa mendapatkan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan, penulis menggunakan metode penelitian empiris (sosiologis) yang bersifat deskriptif karena ingin memperoleh gambaran yang jelas dan memberikan data yang seakurat mungkin berkaitan dengan data dan fakta yang dijadikan sumber atau bahan menganalisis permasalahan yang ada. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sumber data primer dan data sekunder. Data primer yang di dapat dari wawancara bersama pihak yang terkait yaitu bapak majelis hakim dan data sekunder di dapat dari buku-buku, literatur, hasil penelitian, makalah, website. Pidana yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim untuk tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak bukan hanya ditujukan bagi anak tersebut, namun juga ditujukan dan diharapkan berdampak bagi masyarakat lainnya. Maka Hakim dalam menangani tindak pidana pencurian oleh anak di Pengadilan Negeri Kelas 1 A Palembang diharapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan dalam menjatuhkan pidana penjara terhadap tindak pidana pencurian diharapkan kepada Majelis Hakim memperhatikan syarat dan ketentuan pemidanaan yang berlaku seperti hakl yang dapat memberatkan dan meringankan terdakwa. Kata Kunci : Anak, Tindak Pidana Pencurian, Pengadilan Negeri Kelas 1 A Palembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Luil Maknun, SH., MH. Pembimbing 2 : Eni Suarti, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Anak, Tindak Pidana Pencurian, Pengadilan Negeri Kelas 1 A Palembang
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 05 Apr 2021 06:03
Last Modified: 05 Apr 2021 06:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15430

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.