TANGGUNGJAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PENJUALAN PRODUK OBRAL

HADI PUTRA, NIM. 502017149 (2021) TANGGUNGJAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PENJUALAN PRODUK OBRAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017149_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017149_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)

Abstract

Adanya produk yang dijual secara obral, disatu sisi memang menguntungkan kedua belah pihak, yaitu pihak pelaku usaha dan konsumen. Akan tetapi, dengan melaktnya syarat tersembunyi dalam penjualan produk yantg dijual secara obral tersebut, jelas sangat merugikan konsumen. Untuk mengetahui dan menjelaskan tanggungjawab pelaku usaha terhadap kerugian kosumen akibat penjualan produk obral, dan juga untuk mengetahui dan memahami perlindungan hokum bagi konsumen atas penjualan produk obral tanpa informasi yang jelas. Berdasarkan hasil penelitian dipahami tanggungjawab pelaku usaha terhadap kerugian konsumen akibat penjualan produk obral adalah: bahwa pelaku usaha bertanggungjawab atas kerugian konsumen. Hal ini dikarenakan pelaku usaha adalah pihak yang membuat dan/atau menyetujui pembuatan iklan penjualan produk secara obral dengan informasi yang tidak jelas tersebut, dan adanya iklan tersebut menimbulkan kerugian yang harus diderita oleh konsumen. Dengan demikian tampak jelas adanya hubungan kausalitas antara kerugian yang diderita konsumen dan pelaku usaha yang melanggar hukum dalam iklan penjualan produk obral dengan informasi yang tidak jelas. Perlindungan hukum bagi konsumen atas penjualan produk obral tanpa informasi yang jelas adalah: bahwa konsumen dilindungi berdasarkan Pasal 19 sampai dengan Pasal 28 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dimana pelaku usaha berkewajiban untuk memberikan uang, penggantian produk yang sejenis, perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH 2. Mona Wulandari, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Tanggungjawab pelaku usaha terhadap produk obral
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 06 Apr 2021 06:47
Last Modified: 06 Apr 2021 06:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15422

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.