PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN WANPRESTASI DALAM PEMBAYARAN PADA PERUSAHAAN PEMBIAYAAN DI PT. ADIRA FINANCE PALEMBANG

TRIA MLLENIA, NIM. 502017361 (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN WANPRESTASI DALAM PEMBAYARAN PADA PERUSAHAAN PEMBIAYAAN DI PT. ADIRA FINANCE PALEMBANG. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN WANPRESTASI DALAM PEMBAYARAN PADA PERUSAHAAN PEMBIAYAAN DI PT. ADIRA FINANCE PALEMBANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
502017361_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017361_BAB II_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN WANPRESTASI DALAM PEMBAYARAN PADA PERUSAHAAN PEMBIAYAAN DI PT. ADIRA FINANCE PALEMBANG TRIA MILLENIA Perlindungan hukum adalah memberikan pengayoman kepada hak asasi manusia yang dirugikan orang lain dan perlindungan tersebut diberikan kepada masyarakat agar mereka dapat menikmati semua hak- hak yang diberikan oleh hukum atau dengan kata lain perlindungan hukum adalah berbagai upaya hukum yang harus diberikan oleh aparat penegak hukum untuk memberikan rasa aman, baik secara pikiran maupun fisik dari gangguan dan berbagai ancaman dari pihak manapun.Konsumen menurut UU No. 8 Tahun 1999 tentang Hukum Perlindungan Konsumen dalam Pasal 1 ayat (2) yakni: Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian, karena penelitian ini dilakukan dengan menggunakan fakta-fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia, baik perilaku verbal yang didapat dari wawancara maupun perilaku nyata yang dilakukan melalui pengamatan langsung. Penelitian empiris juga digunakan untuk mengamati hasil dari perilaku manusia yang berupa peninggalan fisik maupun arsip. PembiayaanPT. Adira Finance Palembang yang merupakan perusahaan pembiayaan yang melakukan transaksi jual-beli secara kredit terhadap suatu produk yang ada pada perusahaan pembiayaan di PT. Adira Finance Palembang, yaitu pembiayaan motor, mobil, dana tunai, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), elektronik dan furniture. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa posisi konsumen dalam perjanjian pembiayaan atau kontrak tersebut cenderung lemah sementara posisi PT. Adira Finance Palembang cenderung lebih kuat sebab secara sadar tidak sadar, konsumen “dipaksa” setuju untuk apa yang telah dituliskan dalam perjanjian pembiayaan. Kata Kunci: PerlindunganHukumKonsumen, Pembiayaan PT. Adira Finance Palembang.

Item Type: Article
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Helwan Kasra, S.H., M.Hum. 2. H. Saifullah Basri, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PerlindunganHukumKonsumen, Pembiayaan PT. Adira Finance Palembang.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:06
Last Modified: 07 Apr 2021 04:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15410

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.