PERANAN PEMBINA EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP AKHLAK SISWA SMA NEGERI 1 AIR SALEH KABUPATEN BANYUASIN

ROHMAT AGUS PURNOMO, NIM. 622017020 (2021) PERANAN PEMBINA EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP AKHLAK SISWA SMA NEGERI 1 AIR SALEH KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017020 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017020 BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN PEMBINA EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP AKHLAK SISWA SMA NEGERI 1 AIR SALEH KABUPATEN BANYUASIN Oleh : Rohmat Agus Purnomo (622017020) Penelitian ini membahas tentang Peranan Pembina Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) Terhadap Akhlak Siswa SMA Negeri 1 Air Saleh Kabupaten Banyuasin, dengan pokok masalah yaitu pelaksanaan ekstrakurikuler Rohis SMA Negeri 1 Air Saleh Kabupaten Banyuasin, upaya pembinaan ekstrakurikuler Rohis SMA Negeri 1 Air Saleh Kabupaten Banyuasin, serta kendala-kendala yang dihadapai dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Rohis SMA Negeri 1 Air Saleh Kabupaten Banyuasin. Tujuan penelitian, yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan, upaya pembinaan dalam bentuk aktivitas, serta mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Rohis SMA Negeri 1 Air Saleh Kabupaten Banyuasin. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan komunikasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Pembina Rohis. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisi data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler Rohis SMA Negeri 1 Air Saleh Kabupaten Banyuasin dilaksanakan secara terpisah antara Ikhwan dengan Akhwat. Aktivitas kegiatanya dilaksanakan setiap hari jum’at atau satu kali dalam seminggu. Kemudian Upaya pembinaan Ekstrakurikuler Rohis SMA Negeri 1 Air Saleh Kabupaten Banyuasin, melalui aktivitas kegiatan yang dikemas dalam suatu program kerja, yaitu melalui aktivitas harian, seperti pembacaan Hadits, musyawarah, dan membaca Al-qur’an sebelum belajar. Aktivitas mingguan, seperti setor hafalan,kerja bakti dan bakti sosial, serta tahsin Al-qur’an. Aktivitas bulanan, meliputi aktivitas dalam bentuk MABIT (malam bina iman dan takwa). Aktivitas tahunan, meliputi daurah Islamiah remaja (ISMAREJA), pengkaderan anggota baru, buka puasa bersama, serta waqaf Al-qur’an. Adapun Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Rohis SMA Negeri 1 Air Saleh Kabupaten Banyuasin, antara lain keterbatasan waktu yang dimiliki oleh pembina dalam menyampaikan materi kepada para Siswa. Banyaknya organisasi yang diikuti sehingga siswa tidak dapat membagi waktu dengan baik antara organisasi yang satu dengan organisasi lainya. Serta Siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan Rohis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Abu Hanifah, M.Hum. 2. Mustofa, S.Ag., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peranan, Pembina, Ekstrakurikuler Rohis, Akhlak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 03 Apr 2021 02:26
Last Modified: 03 Apr 2021 02:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15389

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.