peranan informan dalam pengungkapan tindak pidana peredaran narkotika (studi kasus polres ogan ilir)

intan prameswary, nim . 502017273 (2021) peranan informan dalam pengungkapan tindak pidana peredaran narkotika (studi kasus polres ogan ilir). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017273_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
502017273_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN INFORMAN DALAM PENGUNGKAPAN TINDAK PIDANA PEREDARAN NARKOTIKA (STUDI KASUS POLRES OGAN ILIR) Oleh: INTAN PRAMESWARY Informan merupakan pemberi informasi yang sangat berguna bagi aparatur penegak hukum untuk pengungkapan mengenai tindak pidana narkotika yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Dalam penulisan skripsi ini melakukan studi di Polres Ogan Ilir dan Informan yang berada di kabupaten Ogan Ilir. Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara empiris maka didapatkan berbagai fakta pertama, peranan informan ini sangat menentukan terhadap efektivitas terhadap pengungkapan tindak pidana narkotik di wilayah Ogan Ilir. Sebab 80% pengungkapan tindak pidana narkotika merupakan hasil dari peranan informan dan 20% hasil dari Aparat Kepolisian Ogan Ilir. Pada sistem peradilan pidana informan ini memberikan informasinya terbatas pada proses penyelidikan. Pada perekrutanya Aparat Kepolisian Ogan Ilir melakukan pendekatan psikologis dan memberi imbalan berupa uang kepada informan baik informasi tersebut dapat di proses maupun tidak. Kedua, Perlindungan informan ini kurang maksimal disebabkan belum ada hukum positif yang mengatur, anggaran yang kurang memadai, masyarakat yang tidak mendukung peranan informan dan budaya masyarakat yang mengganggap pekerjaan yang kurang baik. Faktor yang mendukung perlindungan terhadap informan itu adalah penegak hukum itu sendiri yaitu Aparat Kepolisian Ogan Ilir. Kata kunci: Perlindungan Hukum, Informan, Tindak Pidana Narkotika dan Pertanggungjawaban Hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Nur Husni Emilson,S.H.,Sp.N.,MH 2. Hendri S, S.H.,MHum
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perlindungan Hukum, Informan, Tindak Pidana Narkotika dan Pertanggungjawaban Hukum.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:14
Last Modified: 01 Apr 2021 04:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.