DISKRESI KEPOLISIAN DALAM PENYIDIKAN TERHADAP KELALAIAN ORANG TUA YANG MENGAKIBATKAN HILANGNYA NYAWA ANAK KANDUNG (STUDI DI KEPOLISIAN RESOR LAMPUNG TENGAH)

ALLAN WIRAPASO, NIM. 502017109 (2021) DISKRESI KEPOLISIAN DALAM PENYIDIKAN TERHADAP KELALAIAN ORANG TUA YANG MENGAKIBATKAN HILANGNYA NYAWA ANAK KANDUNG (STUDI DI KEPOLISIAN RESOR LAMPUNG TENGAH). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017109_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text
502017109_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)

Abstract

ABSTRAK “DISKRESI KEPOLISIAN DALAM PENYIDIKAN TERHADAP KELALAIAN ORANG TUA YANG MENGAKIBATKAN HILANGNYA NYAWA ANAK KANDUNG (STUDI DI KEPOLISIAN RESOR LAMPUNG TENGAH)” Oleh: ALLAN WIRAPASO Diskresi kepolisian adalah suatu tindakan pihak yang berwenang berdasarkan hukum untuk bertindak pasti atas dasar situasi dan kondisi, menurut pertimbangan dan keputusan nurani nya. Dari pengertian diatas dapat dilihat bahwa diskresi menggambarkan ketertiban, sekalipun diskresi tidak dapat dihindari sama sekali, namun diskresi dapat dibatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan diskresi kepolisisan dalam penyidikan dan untuk mengetahui dasar kepolisian menerapkan diskresi terhadap kelalaian orang tua yang mengakibatkan hilangnya nyawa anak kandung di kepolisian resor lampung tengah, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Empiris yang bersifat deskriftif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara dan observasi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder (literatur, laporan hasil penelitian, makalah, karya ilmiah yang dimuat dalam majalah ilmiah), Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan penulis bahwa diskresi kepolisian merupakan serangkaian kebijaksanaan yang diambil oleh polisi sebagai jalan keluar yang ditempuh berdasaarkan penilaian sendiri atas permasalahan yang belum diatur oleh hukum ataupun yang sudah di atur hukum, namun apabila di berlakukan secara kaku justru menimbulkan ketidakefisienan, seorang polisi selaku penyidik harus mempunyai dasar dan alasan yang jelas dan kuat dalam memutuskan untuk melakukan diskresi dalam suatu proses penyidikan atas perkara yang ditanganinya. Kata kunci: Diskresi kepolisian, Penyidik, Kelalaian, Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Hj. Susiana Kifli, S.H., M.H. 2. Mona Wulandari, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Diskresi kepolisian, Penyidik, Kelalaian, Tindak Pidana
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 12 Jun 2021 06:30
Last Modified: 12 Jun 2021 07:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15321

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.