PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA TERORISME

RAHMAT AKBAR RAMADHAN, NIM. 502017294 (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA TERORISME. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017294_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017294_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA TERORISME Oleh: RAHMAT AKBAR RAMADHAN Terorisme bukanlah suatu hal baru dalam dunia internasional, peristiwa tersebut merupakan isu gobal yang dapat mempengaruhi kebijakan politik seluruh negara – negara di dunia. Perkembangan aksi terorisme saat ini telah membuat dunia menjadi tidak aman. Hal ini di karenakan ancaman terorisme dapat terjadi kapan saja dan dimana saja serta dapat mengancam keselamatan jiwa dan warga Negara. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana terorisme dan perlindungan hukum terhadap korban dalam prespektif hak asasi manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara penelitian kepustakaan yaitu melakukan pengkajian terhadap data sekunder berupa bahan hukum primer (peraturan perundang- undangan), bahan hukum sekunder (literatur, laporan hasil penelitian, makalah, karya ilmiah yang dimuat dalam majalah ilmiah), Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan penulis bahwa perlindungan hukum yang diberikan terhadap korban tindak pidana terorisme berupa ganti rugi, pemenuhan hak prosedural, perlindungan fisik, bantuan medis, bantuan rehabilitasi psikososial dan kompensasi serta restitusi dan perlindungan korban tindak pidana terorisme yang diberikan dari perspektif hak asasi manusia berupa pemberian perlindungan dari berbagai ancaman yang dapat membahayakan nyawa korban, pemberian bantuan medis maupun hukum secara memadai, proses pemeriksaan dan peradilan yang adil terhadap pelaku kejahatan pada dasarnya merupakan salah satu perwujudan dari perlindungan hak asasi manusia. Kata kunci: Perlindungan Hukum, Korban, Tindak Pidana Terorisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. H. Abdul Hamid Usman. S.H., M.Hum. 2. H. Saifullah Basri, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perlindungan Hukum, Korban, Tindak Pidana Terorisme
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 12 Jun 2021 06:28
Last Modified: 12 Jun 2021 07:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15320

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.