PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QURAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PENUKAL

TIMA, NIM. 622107052 (2021) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QURAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PENUKAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017052 BAB I _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017052 BAB II_SAMPAI DENGAN BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)

Abstract

ABSTRAK Peran merupakan aspek dinamis kedudukan apabila seseorang melakukan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya. Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai tugas untuk mengajarkan siswa membaca Al-Quran, karena itu merupakan suatu hal yang sangat penting dikalangan umat Islam. Kesulitan ialah suatu kesukaran dalam menyerap pelajaran yang disampaikan maupun diberikan oleh seorang guru. Al-Quran begitu penting bagi siswa karena dengan adanya Al-Quran tidak hanya membuat siswa mampu membaca Al-Quran secara benar namun Al-Quran juga membuat siswa mengerti isi ataupun makna dari Al-Quran, dapat menulis huruf-huruf Al-Quran, serta agar siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk kebahagiaan dunia dan akhirat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif melalui dua sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, test lisan. Teknik analisis data yaitu dengan Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; Pertama, Kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran di SMA Negeri 1 Penukal: Mampu membaca Al-Quran tetapi belum benar melafalkan huruf hijaiyah, mampu membaca Al-Quran tetapi belum menguasai kaidah ilmu tajwid, mampu membaca Al-Quran tetapi belum bisa menggunakan tanda baca yang baik dan benar, mampu membaca Al-Quran tetapi masih terbata-bata. Kedua,Cara siswa menghadapi kesulitan dalam membaca Al-Quran di SMA Negeri 1 Penukal: Mencari motivator (guru ngaji), belajar menggunakan mediator terus mencoba belajar membaca Al-Quran. Ketiga, Sebagai motivator yang memberikan dorongan agar peserta didik semangat dan giat belajar, memberikan bimbingan, berkomunikasi dengan orang tua siswa, mengadakan jam tambahan, melakukan demontrasi dalam membaca Al-Quran, sebagai Fasilitator yang menyediakan situasi serta kondisi yang dibutuhkan individu dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I. 2. Zulkipli, S.Ag, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Guru, Pendidikan Agama Islam, Kesulitan siswa membaca Al-Quran
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Administrasi
Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 03 Apr 2021 05:15
Last Modified: 03 Apr 2021 05:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15302

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.