UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENGURANGI TINDAK PIDANA PERJUDIAN DIWILAYAH HUKUM POLSEK TANJUNG BATU OGAN ILIR

YULI ASTUTI, NIM. 502017094 (2021) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENGURANGI TINDAK PIDANA PERJUDIAN DIWILAYAH HUKUM POLSEK TANJUNG BATU OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017094_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017094_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK Upaya Kepolisian Dalam Mengurangi Tindak Pidana Perjudian di Wilayah Hukum Polsek Tanjung Batu Ogan Ilir Oleh: Yuli Astuti Menurut Undang-Undang Hukum Pidana Pasal 303 ayat 3, perjudian itu dinyatakan sebagai berikut: Main judi berarti tiap-tiap permainan yang kemungkinan akan menang pada umumnya tergantung pada untung-untungan saja, juga kalau kemungkinan bertambah besar, karena pemain lebih pandai atau lebih cakap. Perjudian pada dasarnya adalah permainan di mana adanya pihak yang saling bertaruh untuk memilih satu pilihan di antara beberapa pilihan dimana hanya satu pilihan saja yang benar dan menjadi pemenang. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini ialah :Bagaimana Upaya Kepolisian dalam mengurangi tindak pidana perjudian di wilayah Hukum Polsek Tanjung Batu Ogan Ilir? Apakah kendala Kepolisian dalam mengurangi tindak pidana perjudian di wilayah Hukum Polsek Tanjung Batu Ogan Ilir.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang apa saja yang telah di lakukan Polsek Tanjung Batu Ogan Ilir dalam mengurangi tindak pidana perjudian. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan mengandalkan data lapangan dalam menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Teknik pengumpulan data primer (peraturan perundang-undangan) dan bahan hukum sekunder (literatur) yang relevan.Data Primer adalah data pokok yang bersumber dari Polsek Tanjung Batu Ogan Ilir. Sedangkan yang dimaksud dengan data sekunder adalah data penunjang yang bersumber dari buku-buku seperti undang-undang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan penulis bahwa bentuk upaya kepolisian dalam mengurangi tindak pidana perjudian dapat dilihat dari upaya yang dilakukan antara lain upaya pre-emtif berupa penyampaian pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) ke masjidmasjid, Bhayangkara pembina, keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) door to door, dan penyuluhan hukum di kantor desa/rumah tokoh masyarakat. Kemudian upaya preventif berupa patroli dan pengawasan secara rutin dan berkelanjutan. Adapun hambatan yang dihadapi pihak Kepolisian dalam upaya mengurangi tindak pidana perjudian yaitu masyarakat tertutup memberikan informasi, adanya pembackingan dari oknum-oknum tertentu dan pelaku melarikan diri. Kata Kunci : Upaya, Perjudian, Kepolisian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Dr. Muhammad Yahya Selma, S.H., M.H. pembimbing 2. Drs. Edy Kastro, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Upaya, Perjudian, Kepolisian
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 27 Mar 2021 04:46
Last Modified: 27 Mar 2021 06:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15256

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.