Analisi Hukum Pemberian Remisi dan asdimilasi Di Masa Pandemi Covid-19

EDI KURNIAWAN, NIM. 502017022 (2021) Analisi Hukum Pemberian Remisi dan asdimilasi Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (880kB) | Preview
[img] Text
502017029_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)

Abstract

ANALISI HUKUM MENGENAI EFEKTIVITAS PEMBERIAAN REMISI DAN ASIMILASI DIMASA PANDEMI COVID-19 EDI KURNIAWAN NIM: 502017022 ABSTRAK Pemberiaan Remisi dan asimilasi dimasa pandemi covid -19 ini menuai banyak kontroversi.Remisi sendiri merupakan serapan bahasa asing yang berarti pengampunan .sedangkan asimilasi memiliki arti pembauran atau membaur.Remisi sendiri sebenarnya dimasa pandemi covid-19 ini seperti remisi pada umumnya yaitu remisi 17 agustus,hari raya dan bentuk reward lainya,karena pada dasarnya remisi sendiri berarti reward atau hadiah karena berlakuaan baik seorang narapidana.sedangkan asimilasi dimasa pandemi covid-19 ini memang merupakan sebuah program pembauran narapidana dengan cara dibebaskan dan langsung dimasukan ke masyrakat,tapi narapidana statusnya masih belum bisa dikatakan bebas karena masih dibawah pengawasan petugas. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana keefektifvan kedua program ini karena dilingkungan masyrakat awawm program ini dipandang sebagai program yang tergesa gesa dan tidak efektif.dan metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah normatif dan empiris normatif bersumber dari buku-buku,undang,peraturan dan berita online sedangkan empirisnya dengan cara terjun langsung kelembaga pemasayrakataan kelas 1 palembang dengan cara melakukan wawancara kepada narasumber. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa,remisi dan asimilasi ini sepertinya masih perlu dilakukan pembenahan misalnya dengan cara melakukan pengetatan kembali agar para narapidana yang bebas tidak melakukan upaya tindakan pidana kembali dan juga melakukan penyuluhan kepada masyrakat agar tidak terjadi kesalahpahaman terhadap dua program tersebut..Remisi di masa pandemi covid-19 sendiri sama seperti remisi pada umumnya merupakan reward atau bentuk penghargaan atau hadiah dari lapas kepada narapidana yang dianggap berkelakuan baik dan mememnuhi syarat untuk mendapatkan program remisi.remisi sendiri dibedakan menjadi 3 yaitu Remisi Umum,Remisi khusus,Remisi Tambaha,Sedangkan asimilasi adalah program yang diberikan pemerintah yaitu dengan melakukan integrasi atau pembauran langsung kepada masyrakat. Kata Kunci:Remisi,Asimilasi,Pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Rosmawati, S.H., M.H. 2. M.Soleh Idrus, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Remisi,Asimilasi,Covid-19
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:26
Last Modified: 26 Mar 2021 03:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15182

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.