PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Nela Yunita, NIM. 212017090 (2021) PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
212017090_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
212017090_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Nela Yunita/212017090/2021/Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)/Manajemen Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif, data laporan keuangan diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 193 perusahaan dan didapatlah 24 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Dalam penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, analisis data panel dan uji hipotesis (uji F dan uji t) dengan menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian diperoleh analisis data panel menunjukkan variabel faktor-faktor keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil uji t (parsial) menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan keputusan investasi yang di proksi dengan Price Earning Ratio (PER) terhadap Nilai Perusahaan. Keputusan pendanaan yang diproksi dengan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan kebijakan dividen yang diproksi dengan Dividend Payout Ratio (DPR) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil ini dapat dimanfaatkan perusahaan sebagai acuan untuk terus mengoptimalkan kinerjanya agar nilai perusahaan meningkat. Kata Kunci: Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. Belliwati Kosim, S.E.,M.M 2. Mister Candera, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan.
Subjects: Manajemen > ekonomi keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Mahasiswa feb
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:10
Last Modified: 23 Mar 2021 06:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15103

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.