METODE DAKWAHPONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH WALFALLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SANTRI DI DESA TENGGULANG BARU KECAMATAN BABAT SUPAT KABUPATEN MUSI BANYUASIN

SLAMET WAHYUDI, NIM. 612015008 (2020) METODE DAKWAHPONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH WALFALLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SANTRI DI DESA TENGGULANG BARU KECAMATAN BABAT SUPAT KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612015008 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (992kB) | Preview
[img] Text
612015008 BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh Slamet Wahyudi. NIM. 612015008. Pokok masalah penelitian ini adalah Metode Pondok Pesantren Darul Hijrah Walfallah dalam Mengatasi kenakalan Santri di Desa Tenggulang Baru Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin. Dari pokok permasalahan tersebut maka dirumuskan beberapa sub masalah yaitu: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kenakalan santri di Pondok Pesantren Darul Hijrah Walfallah?, 2) Bagimana langkah yang dilakukan dalam mengatasi kenakalan santri di Pondok Pesantren Darul Hijrah Walfallah ?, 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kenakalan santri di Pondok Pesantren Darul Hijrah Walfallah?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan bimbingan dan psikologi metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga langkah yang dilakukan oleh Pondok pesantren Darul Hijrah Walfallah dalam mengatasi kenakalan santri, pertama adalah langkah Preventif, kedua langkah Represif dan ketiga adalah langkah Kuratif. Sedangkan faktor pendukung dalam mengatasi kenakalan santri yaitu terdapat pengaturan waktu dengan baik, penanaman ajaran agama dari pihak pesantren, terjalinnya kerjasama antara Bimbingan Konseling di asrama dengan Bimbingan Konseling di sekolah, memiliki kesadaran untuk taat kepada tata tertib, serta terdapat hubungan kekeluargaan yang di bangun oleh Musyrif kepada santri agar lebih mudah untuk mengatur para santri. Adapun faktor penghambatnya adalah padatnya aktifitas santri sehingga kurang intensif dalam memberikan bimbingan, banyaknya hal negatif yang terdapat di kalangan para santri, kurangnya penanaman pengajaran agama oleh orang tua sebelum memasukkan anaknya ke pondok pesantren, sulitnya mendeteksi sedini mungkin kanakalan yang di lakukan oleh santri, dan lemahnya hubungan kekeluargaan yang dibangun oleh musyrif kepada santri. Implikasi penelitian ini diharapkan kepada pihak orang tua agar memberikan perhatian dan meperhatikan kebutuhan anaknya. Orang tua wajib membimbing anaknya, ketika anak masuk pondok pesantren tidak lantas menggugurkan orang tua untuk membimbing anaknya. Kepada Pondok Pesantren dan pengurus asrama baiknya untuk tidak terlalu cepat menyalahkan santri yang nakal. Usahakan untuk mengetahui dan memahami masalah-masalah yang sedang mereka hadapi, Lakukan kunjungan ke rumah (home visit) agar lebih mengetahui mengenai latar belakang santri yang bermasalah. Kepada santri perilaku negatif hanya mendatangkan keburukan untuk diri sendiri dan orang lain, oleh karena itu patuhilah peraturan-peraturan yang berlaku baik di pondok pesantren, di sekolah maupun di masyarakat, sehingga keberadaan kalian dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Kata Kunci: Metode Dakwah, Pondok Pesantren, dan kenakalan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Drs. Antoni, M.H.I 2. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah, Pondok Pesantren, dan kenakalan santri.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:07
Last Modified: 22 Mar 2021 06:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15087

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.