PENGEMBANGAN ASESMEN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DI SMA KOTA PALEMBANG PADA SEMESTER GENAP

Linda Aprianingsih, NIM. 342016007 (2021) PENGEMBANGAN ASESMEN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DI SMA KOTA PALEMBANG PADA SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
342016007_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu dapat mengembangkan asesmen biologi berbasis keterampilan proses sains karena keterampilan proses sains penting bagi berpikir logis untuk melatih kemampuan berpikir peserta didik. Dari hasil analisis kebutuhan awal soal kelas X keterampilan proses sains masih rendah guru belum sepenuhnya mengembangkan asesmen berbasis keterampilan proses sains karena masih menggunakan soal dari buku biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan asesmen berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan pada materi biologi kelas X semester 2. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model prosedural dengan mengadaptasi model penelitian dan pengembangan Mcintire, dengan 4 tahapan pengembangan tes meliputi mendefinisikan kompetensi, peserta tes dan tujuan tes, mengembangkan rencana uji, menyusun item tes, menulis instruksi administrasi. Tahap penelitian ini dibatasi karena hanya ingin mengetahui karakteristik dan kelayakan asesmen. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, lembar kuesioner dan lembar observasi. Validasi ahli dilakukan oleh 6 validator ahli: (1) ahli materi; (2) ahli bahasa; dan (3) ahli evaluasi; Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang mengacu pada rumus yang diadaptasi oleh Sugiyono (2018) dengan skala 4. Hasil penelitian ini berupa asesmen biologi berbasis keterampilan proses sains berbentuk soal pilihan ganda yang di dalamnya terdapat materi biologi kelas X semester 2. Karakteristik asesmen biologi berbasis keterampilan proses sains yaitu menggunakan indikator terdiri atas mengamati, mengelompokkan, menafsirkan, meramalkan, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, merencanakan percobaan, menerapkan konsep dan berkomunikasi. Kelayakan asesmen biologi berbasis keterampilan proses sains berdasarkan validator ahli hasilnya berkualifikasi valid sampai dengan sangat valid sehingga asesmen biologi berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan layak untuk digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik kelas X./

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: asesmen, biologi, keterampilan proses sains, semester genap
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:32
Last Modified: 24 Mar 2021 06:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15085

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.