PENGEMBANGAN ASESMEN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DI SMA KOTA PALEMBANG PADA SEMESTER GANJIL

CANTHA CLAUDHYA RESEDY DESRA, NIM. 342016039 (2021) PENGEMBANGAN ASESMEN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DI SMA KOTA PALEMBANG PADA SEMESTER GANJIL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016039_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text
342016039_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan asesmen biologi berbasis keterampilan proses sains (KPS) untuk kelas X pada materi semester ganjil. Asesmen ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan mengadaptasi dari McIntire yang meliputi: Mendefinisikan Kompetensi, Peserta tes, dan tujuan tes; Mengembangkan Rencana Uji; Menyusun Item; Menulis Instruksi administrasi. Penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap ke empat yaitu menulis instruksi adminstrasi karena peneliti hanya ingin melihat sampai pada tahap kelayakan berdasarkan Expert review atau validasi ahli meliputi 3 validator yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli evaluasi dengan menggunakan angket. Analisis data mengacu pada rentang skor 1–4 dengan interpretasi kelayakan yaitu sangat baik, baik, tidak baik, dan sangat tidak baik. Hasil penelitian pengembangan ini berupa asesmen biologi berbasis KPS dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 50 soal yang berisikan materi dari semester ganjil yaitu ruang lingkup biologi, keanekaragaman hayati, virus, bakteri, dan protista. Penilaian kelayakan dilakukan oleh dosen ahli, untuk ahli materi diperoleh persentase hasil validasi rata-rata 84% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa memperoleh persentase rata-rata 80% dengan kategori valid, dan ahli evaluasi memperoleh persentase rata-rata 95% dengan kategori sangat valid sehingga dapat digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si 2. Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: asesmen biologi, pengembangan, keterampilan proses sains
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 17 Mar 2021 07:43
Last Modified: 17 Mar 2021 07:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15044

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.