PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENGGELAPAN SERTIFIKAT TANAH (Studi Perkara Nomor: LP/B-264/XII/2017/Sumsel/Res. Banyuasin)

M. HAFIS NUGRAHA, NIM. 91217073 (2019) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENGGELAPAN SERTIFIKAT TANAH (Studi Perkara Nomor: LP/B-264/XII/2017/Sumsel/Res. Banyuasin). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91217073_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
91217073_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)

Abstract

Penyelesaian perkara tindak pidana penggelapan hak atas tanah ditingkat kepolisian, pada dasarnya lebih menekankan pada upaya damai antara kedua belah pihak yang berperkara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Penegakan hukum tindak pidana penggelapan sertifikat tanah (Studi Perkara Nomor: LP/B-264/XII/2017/Sumsel/Res. Banyuasin)?; dan 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi penegakan hukum pidana terhadap tindak pidana penggelapan sertifikat tanah?. Penelitian penulisan tesis ini dengan menggunakan metode empiris. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penegakan hukum tindak pidana penggelapan sertifikat tanah (Studi Perkara Nomor: LP/B-264/XII/2017/Sumsel/Res. Banyuasin) telah dilaksanakan melalui proses penyelidikan dan penyidikan, dengan ketentuan hukum atas pelanggaran Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 4 tahun dan hal ini sesuai dengan teori penegakkan hukum actual enforcement hanya saja hukuman yang diberikan tidak menimbulkan efek jera karena hanya 10 bulan dari seharunya paling lama 4 tahun, padahal pelaku tidak mengembalikan sertifikat tanah yang digelapkan atau digadaikan tersebut kepada pemilik dan 2) Faktor yang mempengaruhi penegakan hukum pidana terhadap tindak pidana penggelapan sertifikat tanah yaitu Faktor hukumnya sendiri, Faktor penegak hukum, Sarana dan fasilitas yang belum sepenuhnya memadai, Faktor masyarakat, Faktor kebudayaan. Kata Kunci: tindak pidana, penggelapan sertifikat tanah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. HJ. Sri Sulastri, S.H., M.Hum 2. Dr. Arief Wisnu Wardhana, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: tindak pidana, penggelapan sertifikat tanah
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2021 07:20
Last Modified: 17 Mar 2021 07:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15043

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.