PERANAN PONDOK PESANTREN THAWALIB SRIWIJAYA PALEMBANG KECAMATAN GANDUS DALAM MEMBINA KADER DA'I

SRI KARTINI, NIM. 612016120 (2020) PERANAN PONDOK PESANTREN THAWALIB SRIWIJAYA PALEMBANG KECAMATAN GANDUS DALAM MEMBINA KADER DA'I. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016120_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016120_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Peranan Pondok Pesantren Thawalib Sriwijaya dalam Membina Kader Da’i Penulis : Sri Kartini Nim : 612016120 Skripsi Program Studi Komunikasi penyiaran Islam. Program Sarjana (S1). Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (1) Bapak Suroso, S.Ag.,M.Pd.I pembimbing (2) Bapak Achmad Tasmi, S.Sos.I., M.Pd.I. Penelitian dengan judul Peranan Pondok Pesantren Thawalib Sriwijaya kec. Gandus dalam Membina Kader Da’i bertujuan untuk mengetahui keberadaan pondok pesantren kec. Gandus dalam mencetak pengkaderan da’i, selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana peranan pondok pesantren Thawalib Sriwijaya dalam mencentak pengkaderan da’i. Untuk meneliti peranan pondok pesantren Thawalib Sriwijaya kec. Gandus dalam membina kader da’i dan metode apa yang di upayakan ustad/ustadzah dalam membina kader da’i penulis menggunakan analisis deskriftip sebagai teknik analisis data. Sedangkan pendekatan yang digunakan pendekatan fenomonologi. Penulis merasa perlu meneliti tentang pondok pesantren Thawalib Sriwijaya kec. Gandus karena dalam membina kader da’i yakni menggunakan metode pengkaderan seperti metode muhadharah yang posisinya sebagai metode pelatihan dakwah bagi kader da’i yang diselenggarakan di pondok pesantren Thawalib Sriwijaya kec. Gandus karena penulus memandang kegiatan tersebut sangat berperan penting dalam mencetak kader-kader da’i yang tentunya itu merupakan potensi besar untuk mengembangkan dakwah Islam menjadi lebih baik. Melalui metode pengkaderan dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mendukung seperti dengan pendidikan umum baik itu pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Hasil peneliian menunjukan bahwa dalam membina kader da’i dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan dan metode pengkaderan dapat diketahui bahwa kepandaian seorang da’i dalam menyampaikan materi dakwah diharapkan menjadi lebih peka dalam mengaplikasikan baik strategi, metode dll sehingga akan terdapat perbedaan antara kader da’i yang terdidik melalui pelatihan dakwah lebih lancar dalam pelaksanaan proses dakwah karena memiliki ilmu yang diperuntukan bagi pelaksanaan dakwah Islam. Kata Kunci: Membina Kader Da'i-

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Suroso, S.Ag., M.Pd.I 2. Achmad Tasmi, S.Sos.I., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Membina Kader Da'i-
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:52
Last Modified: 15 Mar 2021 04:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15009

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.