PERKEMBANGAN GERAKAN DAKWAH MUHAMMADIYAH DI DESA SUNGAI PINANG II KECAMATAN SUNGAI PINANG KABUPATEN OGAN ILIR

Herdiyanto, NIM 612016044 (2020) PERKEMBANGAN GERAKAN DAKWAH MUHAMMADIYAH DI DESA SUNGAI PINANG II KECAMATAN SUNGAI PINANG KABUPATEN OGAN ILIR. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI HALAMAN DEPAN, BAB 1 , PUSTAKA)
612016044_BAB I_DAFTARPUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (883kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI BAB 2 SAMPAI BAB AKHIR)
612016044_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERKEMBANGAN GERAKAN DAKWAH MUHAMMADIYAH DI DESA SUNGAI PINANG II KECAMATAN SUNGAI PINANG KABUPATEN OGAN ILIR HERDIYANTO 612016044 ABSTRAK Pokok masalah penelitian ini adalah Perkembangan gerakan dakwah Muhammadiyah di Desa Sungai Pinang II Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan ilir. Dari pokok permasalahan tersebut maka dirumuskan beberapa sub masalah yaitu: 1) Bagaimana keadaan keagamaan Desa Sungai Pinang II Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir sebelum masuknya Muhammadiyah?, 2) Bagaimana persepsi masyarakat Desa Sungai Pinang II terhadap Dakwah Islam yang dilahirkan Muhammadiyah ?, 3) Permasalahan apa saja yang di hadapi Muhammadiyah dalam berdakwah di Desa Sungai Pinang II Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan bimbingan dan psikologi metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan gerakan dakwah Muhammadiyah mengalami stagnan atau bisa dibilang jalan ditempat tidak turun dan tidak naik, permasalahan ini terjadi setelah pembina Muhammadiyah A R Fachrudin meninggalkan desa ini untuk pergi kembali ke jawa padahal di saat kedatangan beliau untuk mengabdi atau membina di desa ini dan desa-desa lain Muhammadiyah menjadi bergejolak dan dakwah Muhammadiyah berkembang pesat, akan tetapi karena banyak kader yang tidak bersemangat lagi untuk berMuhammadiyah ditambah lagi di akibatkan tidak ada lagi pengkaderan, anak-anak dari kader Muhammadiyah tidak mau lagi berMuhammadiyah dikarenakan kesibukan mereka dan permasalahan yang terjadi di dalam peribadatan yang dilakukan Muhammadiyah berbeda sama dengan masyarakat lain, karena kurang ke ilmuan dari orang tua nya mengakibatkan sedikit dari keturunan mereka ingin berMuhammadiyah, dakwah Muhammadiyah menjadi tidak naik dan tidak turun. Dakwah ke masyarakat menjadi berkurang oleh karena minim sekali dakwah yang dilakukan Muhammadiyah terhadap Masyarakat sekitar dan juga masyarakat banyak yang belum bisa menerima dakwah Muhammadiyah akibat dari perbedaan dalam peribadatan atau ibadah Implikasi penelitian ini diharapkan kepada pihak kader Muhammadiyah untuk bersemangat lagi untuk menghidupi Muhammadiyah, jangan sampai dakwah yang telah lama dilakukan tiba-tiba menjadi asing atau bisa hilang, semoga keturunan dari kader juga bisa diberi pengetahuan tentang Muhammadiyah jangan sampai mereka terlena dan lebih memilih keluar dari Muhammadiyah, oleh karena itu mari kita hidupkan kembali semangat berMuhammadiyah dengan mengkuti apa yang telah di ajarkan Rasulullah SAW dengan Al-Qur’an dan Sunnah-sunnah nya, sehingga keberadaan Muhammadiyah menjadi suatu hal yang dulu masyarakat rasakan dengan keberadaan nya. Kata Kunci : perkembangan, Muhammadiyah, Sungai Pinang II

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Abu Hanifah, M. Hum 2. Ibu Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: perkembangan, Muhammadiyah, Sungai Pinang II
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Masyarakat dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:14
Last Modified: 28 Sep 2021 02:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15006

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.