HUBUNGAN TINGKAT PENGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN GEJALA KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI DI DESA TANJUNG AGUNG KECAMATAN PAGAR GUNUNG

SHELLA JULIA VERONICA, NIM. 702017008 (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN GEJALA KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI DI DESA TANJUNG AGUNG KECAMATAN PAGAR GUNUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
702017008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text
702017008_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pestisida merupakan seluruh zat ataupun kombinasi dari zat-zat tertentu yang digunakan untuk memberantas ataupun menghindari tanaman dari serangan serangga, fauna pengerat, nematoda, kuman ataupun jasad renik hama lainnya. Paparan pestisida dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang dialami berupa keracunan akut serta keracunan kronik yang dialami dalam jangka panjang. Oleh karena itu untuk mencegah timbulnya gejala keracunan pestisida sebaiknya petani menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dengan gejala keracunan pestisida. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional menggunakan desain cross sectional. Penelitian dilakukan di Desa Tanjung Agung Kecamatan Pagar Gunung pada petani dengan menggunakan kuesioner. Uji statistik dengan uji ChiSquare. Hasil analisis dari 40 orang petani yang dilibatkan pada penelitian, sebanyak 18 (45 %) petani mengalami keracunan ringan, 22 (55%) petani mengalami keracunan berat, 23 (42,5%) petani yang menggunakan APD kategori buruk, dan 17 (57,5%) petani yang menggunakan APD kategori baik. Terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara tiingkat penggunaan APD dengan gejala keracunan pestisida (p=0,002). Kesimpulan penelitian ini yaitu tingkat penggunaan APD berhubungan dengan gejala keracunan pestisida.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr Thia Prameswarie M.Biomed 2. dr. Miranti Dwihartanti
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Gejala keracunan, pestisida, petani, APD
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Penyakit-Penyakit
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 04 Mar 2021 07:09
Last Modified: 04 Mar 2021 07:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14947

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.