BEBERAPA FAKTOR RESIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN DERMATITIS KONTAK IRITAN PADA PEKERJA LAUNDRY DI PLAJU PALEMBANG

INDAH KURNIASARI, NIM. 702017004 (2021) BEBERAPA FAKTOR RESIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN DERMATITIS KONTAK IRITAN PADA PEKERJA LAUNDRY DI PLAJU PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
702017004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (967kB) | Preview
[img] Text
702017004_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sampai saat ini faktor resiko kejadian Dermatitis Kontak Iritan pada pekerja laundry belum diketahui penyebabnya. Dermatitis kontak adalah peradangan akibat bahan atau substansi yang menempel pada kulit. Penggunaan bahan iritan seperti detergen sangat luas dalam kehidupan sehari- hari terutama pada pekerja laundry. Adanya perubahan gaya hidup di masyarakat yang lebih menyukai jasa laundry untuk membersihkan pakaian kotor menyebabkan usaha ini berkembang sangat pesat, terutama di kota besar. Tujuan penelitian ini Mengetahui hubungan beberapa faktor resiko dengan kejadian dermatitis kontak iritan pada pekerja laundry. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada pekerja laundry di Kecamatan Plaju kota Palembang. Jumlah sampel sebanyak 45 pekerja. Pengambilan sampel dilakukan secara Total Sampling. Populasi penelitian adalah semua pekerja laundry yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi pada periode September-Januari 2021. Pada penelitian didapatkan pekerja yang mengalami dermatitis kontak iritan sebanyak 21 orang (44%), pekerja yang tidak mengalami dermatitis kontak iritan sebanyak 24 orang (55%), ada hubungan antara pajanan detergen dengan kejadian dermatitis kontak iritan dengan nilai p value=0,017, ada hubungan antara ph detergen dengan kejadian dermatitis kontak iritan dengan nilai p value=0,001, ada hubungan antara lama kerja dengan kejadian dermatitis kontak iritan dengan nilai p value=0,000, ada hubungan antara personal hygiene dengan kejadian dermatitis kontak iritan dengan nilai p value=0,004, tidak ada hubungan antara riwayat aopi dengan kejadian dermatitis kontak iritan dengan nilai p value=0,114.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr.dr. Raden Pamudji, Sp.KK 2. dr. Melinda Rachmadianty
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dermatitis Kontak Iritan, Pajanan Detergen,Ph detergen, Masa Kerja, Personal Hygiene, Riwayat Atopi.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > penyakit kulit, rambut, kuku
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 04 Mar 2021 06:52
Last Modified: 04 Mar 2021 06:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14946

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.