DAKWAH MUSLIMAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN IBU-IBU MAJELIS TAKLIM DALAM MEMBACA AL-QUR'AN DI MASJID AR-RAHMAN KECAMATAN GANDUS

RENI ANGGRAINI, NIM. 612016119 (2020) DAKWAH MUSLIMAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN IBU-IBU MAJELIS TAKLIM DALAM MEMBACA AL-QUR'AN DI MASJID AR-RAHMAN KECAMATAN GANDUS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016119_ BAB I _ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
612016119_BAB I I _SAMPAI _ BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Reni Anggraini, 612026119, 2020. Dakwah Muslimah Dalam Meningkatkan Kesadaran Ibu-Ibu Majelis Taklim Dalam Membaca Al-Qur’an Di Masjid Ar-Rahman Kecamatan. Gandus Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar peranan dakwah muslimah dalam meningkatkan kesadaran ibu-ibu majelis taklim dalam membaca al-qur‟an supaya dapat membaca al-qur‟an dengan benar sesuai tajwid. Adapun yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pengajian di majlis taklim Ar-rahman, bagaimana meningkatkan kesadaran ibu-ibu dalam membaca Al-qur‟an dan apa faktor penghambat ibu-ibu dalam membaca Al-qur‟an. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengajian di majelis taklim ar-rahman, untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kesadaran ibu-ibu dalam membaca al-qur‟an dan untuk mengetahui faktor penghambat ibu-ibu dalam membaca al-qur‟an. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi menggunakan analisa data kwalitatif yang dapat diartikan sebagai upaya dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, menggunakan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan dapat diceritakan orang lain. Dalam penelitian ini dapat di simpulkan yaitu Majelis Taklim Ar-rahman berusaha menjadikan jama‟ah yang berkualitas serta mampu membaca Alqur'an dengan lancar. Upaya Majelis Taklim Ar-rahman dalam rangka mewujudkan perintah agama Islam. Majelis Taklim Ar-rahman merupakan lembaga pendidikan diniyah nonformal khususnya kaum muslimah atau ibuibu yang kegiatannya belajar ilmu pengetahuan agama Islam. Untuk menjadikan jama‟ah lancar dalam membaca Al-qur‟an maka diperlukan cara yang digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang terstruktur untuk mengarahkan pencapaian tujuan tersebut, Majelis Taklim Ar-rahman dalam melaksanakan kegiatan atau program memerlukan cara untuk mencapai tujuan yang mengharapkan Majelis Taklim Ar-rahman maju. Kata Kunci: Dakwah Muslimah, Kesadaran Ibu-ibu Majelis Taklim, Membaca al-qur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Yuslaini, Dra.,M.Pd 2. Hendri Nur Alam,S.E.,M.Si
Uncontrolled Keywords: kata kunci abstrak: Dakwah Muslimah, Kesadaran Ibu-ibu Majelis Taklim, Membaca Al-Qur'an
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 03 Mar 2021 06:54
Last Modified: 03 Mar 2021 06:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14921

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.