Hubungan Penggunaan Bedak Padat dengan Derajat Keparahan Acne Vulgaris pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang

AMEL THALIA SYAHIRA, NIM. 702017026 (2021) Hubungan Penggunaan Bedak Padat dengan Derajat Keparahan Acne Vulgaris pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhamadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702016026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
702017026_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Amel Thalia Syahira Program Studi : Pendidikan Kedokteran Judul : Hubungan Penggunaan Bedak Padat dengan Derajat Keparahan Acne Vulgaris pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang Latar Belakang: Acne vulgaris (AV) dikenal sebagai jerawat adalah penyakit peradangan kronis pada folikel pilosebasea, ditandai dengan adanya lesi polimorfik berupa komedo, papul, pustul, nodus, dan kista di tempat predileksi. Bedak adalah salah satu produk yang sangat sering digunakan oleh wanita, terdapat dua jenis bedak, yaitu bedak tabur dan bedak padat. Beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan bedak bersifat komedogenik dan aknegenik, yang akan menyebabkan timbulnya AV. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan penggunaan bedak padat dengan derajat keparahan acne vulgaris pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Metode: Penelitian observasional analitik kuantitatif dengan rancangan desain cross-sectional (studi potong lintang). Sampel pada penelitihan ini adalah seluruh mahasiswi kedokteran angkatan 2017 dan 2018 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dengan pengisian kuisioner dan pemeriksaan AV. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan p < 0,05. Hasil: Distribusi frekuensi dan persentase kejadian AV pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang paling banyak mengalami AV, untuk penggunaan bedak paling banyak menggunakan bedak non-padat, untuk derajat keparahaan AV paling banyak pada derajat AV ringan, untuk hubungan penggunaan bedak padat terhadap kejadian AV, terdapat hubungan yang bermakna dengan didapatkan hasil nilai p = 0,006, sedangkan hubungan antara penggunaan bedak padat dengan derajat keparahan AV tidak terdapat hubungan Kesimpulan: Dari 105 responden mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki kecenderungan lebih banyak mengalami AV dikarenakan penggunaan bedak padat, tetapi tidak berpengaruh kepada derajat keparahaan.AV. Kata kunci: Acne Vulgaris, Bedak Padat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Nia Ayu Saraswati, M.Pd.Ked., Sp.KK Pembimbing : 2. dr. Miranti Dwi Hartanti
Uncontrolled Keywords: Acne Vulgaris, Bedak Padat.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > penyakit kulit, rambut, kuku
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 04 Mar 2021 06:44
Last Modified: 04 Mar 2021 06:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14919

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.