Perbedaan Tingkat Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebelum Dan Sesudah Diberikan Promosi Kesehatan Mengenai Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Siswa SMP PUSRI

Chairunissa Alya Ananda, NIM. 702017028 (2021) Perbedaan Tingkat Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebelum Dan Sesudah Diberikan Promosi Kesehatan Mengenai Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Siswa SMP PUSRI. Skripsi thesis, Universities Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
702017028_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
702017028_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) masih menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Salah satu indikator PHBS adalah cuci tangan pakai sabun (CTPS). Cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan cara yang sederhana, mudah, dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar, seperti penyakit diare dan ISPA. Perilaku dan tingkat pengetahuan cuci tangan masyarakat Indonesia masih rendah, dan anak usia sekolah baru 17% melakukan cuci tangan pakai sabun dan air bersih. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan mengenai cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada siswa SMP PUSRI. Jenis penelitian ini dilakukan secara Quasi eksperimental dengan melakukan pendekatan pre test-post test design dan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa SMP PUSRI. Pengambilan sampel dengan metode total sampling dan didapatkan 90 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan tingkat pengetahuan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan mengenai cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada siswa siswi SMP PUSRI dengan p-value (0,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan mengenai cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada siswa SMP PUSRI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Hj. Resy Asmalia, SKM, M.Kes 2. dr. Thia Prameswarie, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PHBS, Cuci Tangan Pakai Sabun, Perilaku
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 01 Mar 2021 05:05
Last Modified: 01 Mar 2021 05:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.