Perbedaan Pengetahuan Perokok Aktif dan Perokok Pasif tentang Bahaya Merokok

Nuraini Fitriyah, NIM. 702017015 (2021) Perbedaan Pengetahuan Perokok Aktif dan Perokok Pasif tentang Bahaya Merokok. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
702017015_BAB I _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (721kB)
[img] Text
702017015_BAB II_SAMPAI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)

Abstract

Merokok merupakan perilaku yang terus berkembang dan belum dapat ditemukan solusi pemecahannya sampai saat ini. Menurut Riskesdas (2018) prevalensi merokok di Indonesia sangat tinggi di berbagai lapisan masyarakat, terutama pada laki-laki mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap bahaya merokok. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan pengetahuan perokok aktif dan perokok pasif tentang bahya merokok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional yang dilakukan di Kota Palembang. Jumlah sampel yang terpilih sebanyak 353 responden. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan melalui google form kepada masyarakat Kota Palembang. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Sumatera Selatan yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi pada periode Oktober – Desember 2020. Pada penelitian ini didapatkan perokok aktif yang berpengetahuan baik sebanyak 63 orang (58,3%) dan perokok aktif yang berpengetahuan kurang sebanyak 45 orang (41,6%). Sedangkan perokok pasif yang berpengetahuan baik sebanyak 131 orang (53,4%) dan perokok pasif yang berpengetahuan kurang sebanyak 114 orang (46,5%). Tidak adanya perbedaan pengetahuan yang bermakna pada perokok aktif dan perokok pasif tentang bahaya merokok dengan nilai p-value (0,398).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1: dr. Ratika Febriani,M.Biomed Pembimbing 2: dr. R.A Tanzila, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Perokok Aktif, Perokok Pasif, Pengetahuan
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Fisiologi Manusia
Pendidikan Kedokteran > Fisiologi Manusia (Ilmu Faal)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:12
Last Modified: 26 Feb 2021 03:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14660

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.