GAMBARAN PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA RUMAH SAKIT (K3RS) PADA INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH PALEMBANG

M AKIP APRIANTO, NIM. 702017011 (2021) GAMBARAN PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA RUMAH SAKIT (K3RS) PADA INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text
702017011_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan dan keselamatan kerja rumah sakit adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan bagi sumber daya manusia rumah sakit, pasien, dan pendamping pasien. Instalasi Radiologi merupakan bagian integral dari pelayanan penunjang medik di rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan diagnostik. Paparan radiasi dapat menimbulkan bahaya bagi penyedia layanan kesehatan serta pasien di fasilitas perawatan kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan gambaran penerapan kesehatan dan keselamatan kerja pada Instalasi Radiologi Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Hasil penelitian didapatkan penerapan kesehatan kerja teridiri atas 1 komponen yaitu pemantauan kesehatan (3 poin), dan didapatkan hasil 2 poin yang telah sesuai dengan standar (66,7%), 1 poin tidak sesuai dengan standar (33,3%), penerapan keselamatan kerja terdiri atas 6 komponen yaitu perizinan (1 poin), persyaratan manajemen (7 poin), persyaratan proteksi (6 poin), persyaratan teknik (6 poin), verifikasi keselamatan (4 poin), standar alat pelindung diri untuk penanganan Covid-19 (1 poin), dan didapatkan hasil 23 poin yang telah sesuai dengan standar (92%), 1 poin belum sesuai dengan standar (4%), 1 poin tidak sesuai dengan standar (4%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Amrizal, Sp.PD-KKV 2. dr. Sheilla Yonaka Lindri, M. Kes
Uncontrolled Keywords: Kesehatan dan keselamatan kerja, Radiasi, Instalasi Radiologi
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:28
Last Modified: 25 Feb 2021 06:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14516

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.