Hubungan Antara Shift Kerja Dan Tingkat Insomnia Pada Perawat Di Rumah Sakit Pelabuhan Palembang Tahun 2020

Abu Hanan Hammasin, NIM. 702017018 (2021) Hubungan Antara Shift Kerja Dan Tingkat Insomnia Pada Perawat Di Rumah Sakit Pelabuhan Palembang Tahun 2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
702017018_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Insomnia merupakan kesulitan tidur, tidur tidak tenang, kesulitan menahan tidur, seringnya terbangun di pertengahan malam, dan seringnya terbangun lebih awal. Insomnia disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah shift kerja. Insomnia yang terjadi pada pekerja dapat mempengaruhi penurunan performance kerja, produktivitas dan kualitas kerja, hubungan dalam pekerjaan, penurunan kewaspadaan, gangguan dalam kehidupan keluarga dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara shift kerja dan tingkat insomnia pada perawat di Rumah Sakit Pelabuhan Palembang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel dengan metode total sampling dan didapatkan 62 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah Kolmogorov-Smirnov. Dari analisis data didapatkan distribusi frekuensi perawat pekerja shift 51 responden (82,3%) dan 11 orang (17,7%) yang bekerja non-shift. Distribusi frekuensi perawat yang mengalami insomnia sebanyak 39 responden (62,9%) mengalami insomnia ringan, sebanyak 15 responden (24,2%) mengalami insomnia sedang, dan sebanyak 8 responden (12,9) mengalami insomnia berat dan hubungan antara shift kerja dan tingkat insomnia pada perawat di Rumah Sakit Pelabuhan Palembang dengan nilai p-value = 0,067. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara shift kerja dan tingkat insomnia pada perawat di Rumah Sakit Pelabuhan Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. dr. Ratih Pratiwi, Sp.OG 2. dr. Beuty Savitri
Uncontrolled Keywords: Insomnia, Shift Kerja, Perawat
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Fisiologi Manusia
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:37
Last Modified: 24 Feb 2021 06:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.