Hubungan Riwayat Kebiasaan Merokok dengan Riwayat Hipertensi pada Pekerja Shift Malam di PT. Bukit Asam unit Dermaga Kertapati

HARRY PUTRA KUSUMA, NIM. 702017069 (2021) Hubungan Riwayat Kebiasaan Merokok dengan Riwayat Hipertensi pada Pekerja Shift Malam di PT. Bukit Asam unit Dermaga Kertapati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017069_BAB I_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
702017069_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi merupakan suatu sindrom atau kumpulan gejala kardiovaskuler yang progresif sebagai akibat dari kondisi lain yang kompleks dan saling berhubungan dengan keadaan tekanan darah sistolik seseorang ≥140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolik ≥90 mmHg. Kejadian hipertensi dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah kebiasaan merokok. Para pekerja malam hari cenderung memiliki tekanan darah tinggi, karena pada pekerja shift malam mengalami peningkatan hormon stres, kafein dan merokok juga sering digunakan pekerja shift untuk menghilangkan rasa lelah pada saat bekerja di shift malam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan riwayat kebiasaan merokok dengan riwayat hipertensi pada pekerja shift malam di PT. Bukit Asam unit Dermaga Kertapati. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel dengan metode total sampling dan didapatkan 58 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah fisher’s exact test. Dari analisis data didapatkan distribusi frekuensi pekerja yang memiliki riwayat kebiasaan merokok 51 responden (87,9%) dan 7 responden (21,1%) tidak memiliki riwayat kebiasaan merokok. Distribusi frekuensi pekerja yang memiliki riwayat hipertensi terbanyak 32 responden (55,2%) dan 26 responden (44,8%) tidak memiliki riwayat hipertensi dan hubungan riwayat kebiasaan merokok dengan riwayat hipertensi pada pekerja shift malam di PT. Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati dengan nilai p-value=0,038. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara riwayat kebiasaan merokok denganriwayat hipertensi pada pekerja shift malam di PT. Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Ni Made Elva Mayasari, Sp.JP 2. dr. Ernes Putra Gunawan
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Merokok, Hipertensi, Pekerja Shift Malam.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > penyakit pada Sistem Kardiovaskuler
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:48
Last Modified: 24 Feb 2021 06:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14393

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.