PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI PADA MATERI PENGKLASIFIKASIAN IKAN DI SMA NEGERI BANYUASIN III

Yulia Anita, NIM. 93216005 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI PADA MATERI PENGKLASIFIKASIAN IKAN DI SMA NEGERI BANYUASIN III. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
93216005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
93216005_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Biologi tidak hanya mengenal pemahaman konsep tetapi juga proses pencarian informasi yang akan lebih bermakna melalui penemuan langsung. Kurikulum berbasis kompetensi menekan pada pemberian pengalaman langsung. Salah satu bentuk kegiatan yang sering dilakukan guru Biologi khususnya SMA adalah pengamatan dan pratikum dengan menggunakan LKPD. Buku teks dan LKPD yang digunakan sebagai sumber belajar selama ini terkesan membosankan, dan banyak yang tidak dipahami oleh para guru dan siswa sehingga LKPD yang digunakan tidak menimbulkan ketertarikan bagi siswa untuk membacanya. Penelitian ini bertujuan mengetahui kepraktisan, kevalidan,danmenguji keefektifan LKPD berbasis Inkuiri materi Pengklasifikasian Ikan. Menyatakan bahwa prosedur penelitian pengembangan pada dasarnya terdiri dari dua tujuan utama, yaitu: (1) mengembangkan produk dan (2) menguji keefektivan produk dalam mencapai tujuan. Hasil penelitian menujukan bahwa cara mengembangkan model pembelajaran berbasis Inkuri adalah mengkaji sumber yangmendukung materi Pengklasifikasian Ikan, mendesain, membuat draf awal LKPD, melakukan validasi ahli dan revisi, uji coba skala kecil dan uji coba skala luas. Berdasarkan uji coba kevalidan LKPD yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 84,6 semua aspek penilaian. Peserta didik juga memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan dengan rata-rata 84,7. Hal ini menandakan bahwa LKPD yang dikembangkan valid digunakan dalam proses pembelajaran. Keefektivan LKPD telah meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa dengan persentase nilai pretest dan posttest memperoleh nilai yaitu 63,64%. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori sedang, sehingga bisa dikatakan praktis, valid dan efektif untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, Berbasis Inkuiri

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr.Saleh Hidayat, M.Si. 2. Dr. Haryadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, Berbasis Inkuiri
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:55
Last Modified: 24 Feb 2021 02:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14390

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.