HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN RIWAYAT HIPERTENSI PADA PEKERJA SHIFT MALAM DI PT MEDCO E&P INDONESIA

RENNY TRI JULIARSI, NIM. 702017033 (2021) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN RIWAYAT HIPERTENSI PADA PEKERJA SHIFT MALAM DI PT MEDCO E&P INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017033_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text
702017033_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)

Abstract

Penyebab pasti hipertensi belum diketahui dengan pasti, namun salah satu faktor resiko yang menjadi pencetus terjadinya hipertensi adalah kualitas tidur yang buruk. Kualitas tidur yang buruk dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan fisiologis dan psikologis dalam diri seseorang. Selain itu, durasi tidur pendek dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan hipertensi karena peningkatan tekanan darah 24 jam dan denyut jantung, peningkatan sistem saraf simpatik, dan peningkatan retensi garam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan riwayat hipertensi pada pekerja shift malam di PT Medco E&P Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasi analitik dengan menggunakan desain cross sectional yang dilakukan di PT Medco E&P Indonesia. Jumlah sampel sebanyak 100 pekerja. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Non Random Sampling dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi pada penelitian adalah semua pekerja shift malam di bagian security yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi pada periode Oktober-Desember 2020. Pada penelitian didapatkan pekerja dengan kualitas tidur buruk mengalami hipertensi esensial sebanyak 11 orang (17,7%), kualitas tidur buruk tidak mengalami hipertensi esensial sebanyak 51 orang (82,3%), kualitas tidur baik mengalami hipertensi esensial sebanyak 0 orang (0%), dan kualitas tidur baik tidak mengalami hipertensi esensial sebanyak 38 orang (100%). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara Kualitas Tidur dengan Riwayat Hipertensi Esensial pada Pekerja Shift Malam di PT Medco E&P Indonesia (p=0,006). Kata Kunci: Kualitas tidur, riwayat hipertensi esensial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Ni Made Elva Mayasari, Sp.JP 2. dr. Noor Zaki Abdel Fatah
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kualitas tidur, riwayat hipertensi esensial
Subjects: Pendidikan Kedokteran > penyakit pada Sistem Kardiovaskuler
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:33
Last Modified: 23 Feb 2021 06:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14360

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.