HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG ALAT PELINDUNG DIRI TERHADAP KELUHAN GANGGUAN KULIT PADA PETUGAS SAMPAH DI TPA SUKAWINATAN KOTA PALEMBANG

SHALLY APRILIA, NIM. 702017005 (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG ALAT PELINDUNG DIRI TERHADAP KELUHAN GANGGUAN KULIT PADA PETUGAS SAMPAH DI TPA SUKAWINATAN KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017005_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)

Abstract

Penyakit kulit merupakan penyakit yang menyerang pada permukaan tubuh, dan disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Lingkungan yang kotor akan menjadi sumber munculnya berbagai macam penyakit kulit. Lingkungan kerja petugas sampah yang kotor adalah lokasi ketika petugas menjamah sampah. Oleh karena itu untuk mencegah keluhan gangguan kulit sebaiknya yang dilakukan petugas sampah (kebersihan) yaitu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang APD dengan keluhan gangguan kulit. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional menggunakan desain cross sectional. Penelitian dilakukan di TPA Sukawinatan Kota Palembang pada petugas sampah dengan menggunakan kuesioner. Uji statistik dengan uji chi-square. Hasil analisis dari 120 petugas sampah yang dilibatkan pada penelitian, sebanyak 10 (8,3%) petugas mengalami keluhan kulit. 107 (89,2%) petugas sampah memiliki pengetahuan baik dan 13 (10,8%) petugas memiliki pengetahuan kurang-sedang. Tidak terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara pengetahuan dengan keluhan gangguan kulit (p =0,296). Kesimpulan penelitian ini yaitu pengetahuan tentang APD tidak berhubungan dengan keluhan gangguan kulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.dr. Sheilla Yonaka Lindri, M.Kes. 2. dr. Wieke Anggraini
Uncontrolled Keywords: penyakit kulit, petugas sampah, pengetahuan, APD
Subjects: Pendidikan Kedokteran > penyakit kulit, rambut, kuku
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:59
Last Modified: 24 Feb 2021 03:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14351

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.