Hubungan Antara Kerja Shift dengan Kelelahan Akibat Kerja Pada Perawat Bangsal Anak dan Penyakit Dalam di Lingkungan RSMP

Melisa Nopa Belia, NIM.702017014 (2021) Hubungan Antara Kerja Shift dengan Kelelahan Akibat Kerja Pada Perawat Bangsal Anak dan Penyakit Dalam di Lingkungan RSMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017014_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

Shift kerja merupakan pengaturan waktu kerja dengan cara bergantian antara kelompok kerja satu dengan kelompok kerja yang lain. Kelelahan adalah perasaan keletihan yang tidak normal, kelesuan, kehilangan dorongan untuk beraktifitas sehingga berdampak stres, depresi dll. Dalam melayani pasien kurun waktu 24 jam tersebut perawat-perawat yang ada di suatu rumah sakit perlu dikelola berdasarkan shift kerja agar tidak terjadi kelelahan akibat kerja. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara kerja shift dengan kelelahan akibat kerja pada perawat bangsal anak dan penyakit dalam di lingkungan RSMP. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan design penelitian cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah semua perawat bangsal di lingkungan RSMP. Pengambilan sampel dengan metode total sampling dan didapatkan 26 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Pada penelitian ini prevalensi kerja shift didapatkan responden yang kerja shift pagi 12 responden (46,2%), shift sore 8 responden (30,8%) dan shift malam 6 responden (23,1%), sedangkan prevalensi kelelahan akibat kerja didapatkan tidak mengalami kelelahan sebanyak 16 responden (61,5%) dan yang mengalami kelelahan sebanyak 10 responden (38,5%). Terdapat hubungan kerja shift dengan kelelahan akibat kerja pada perawat bangsal anak dan penyakit dalam di lingkungan RS Muhammadiyah Palembang, dimana p-value (0,029).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Ardi Artanto, MKK, Sp.Ok 2.dr. Liza Chairani, Sp. A., M. Kes
Uncontrolled Keywords: Kerja Shift, Kelelahan Kerja, Perawat
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Manajemen profesi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 22 Feb 2021 08:11
Last Modified: 22 Feb 2021 08:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14346

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.