Hubungan Penerapan Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di PT. Pusri Palembang (Bagian Pengantongan Pupuk)

Putri Caroline, NIM. 702017039 (2021) Hubungan Penerapan Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di PT. Pusri Palembang (Bagian Pengantongan Pupuk). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017039_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017039_BAB II SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)

Abstract

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani pekerja. Dengan K3 maka para pihak diharapkan dapat melakukan pekerjaan dengan aman dan nyaman.Proses penerapan program K3 diterapkan dengan tujuanK3 disuatu perusahaan dapat berjalan dengan efektif, sehingga tercipta suatu keadaan yang aman dan tindakan aman dari pekerja seperti menaati peraturan untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). APD merupakan upaya yang dilakukandalam penerapan program K3 untuk mencegah terjadinya risiko kecelakaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Penerapan Program K3 terhadap perilaku Penggunaan APD di PT. Pusri Palembang (Bagian Pengantongan Pupuk). Jenis penelitian observasi analitik dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan PT. Pusri Palembangbagian pengantongan pupuk. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dengan besar sampel 80 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi. Data didapatkan melalui pengisian kuesioner dan dianalisis secara bivariat. Hasil uji statistik menggunakan uji Fisher didapatkan hubungan yang bermakna antara penerapan program K3 terhadap perilaku penggunaan APD (p value 0,010; OR=6,327). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Penerapan Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap perilaku Alat Pelindung Diri (APD) di PT. Pusri Palembang (Bagian Pengantongan Pupuk) .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Putri Rizki Amalia Badri, M.KM 2. dr. Budi Utama, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Alat Pelindung Diri (APD), PT. Pusri Palembang
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:48
Last Modified: 22 Feb 2021 07:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14345

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.