STUDI KUALITATIF: PENGGUNAAN HERBAL UNTUK PENCEGAH COVID-19 DI MASYARAKAT KECAMATAN ILIR BARAT II KOTA PALEMBANG

SEPTI FADHILAH SARABAYAN PAZKA, NIM. 702017053 (2021) STUDI KUALITATIF: PENGGUNAAN HERBAL UNTUK PENCEGAH COVID-19 DI MASYARAKAT KECAMATAN ILIR BARAT II KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017053_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017053_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Novel Coronavirus (COVID-19) merupakan penyakit yang menular dari manusia ke manusia dengan cepat menjadi pandemi yang bertanggung jawab atas krisis kesehatan global saat ini. Meski sejauh ini beberapa kandidat vaksin telah maju ke uji klinis, namun masih terbatas data yang dirilis mengenai kemanjuran dan keamanan vaksin pada manusia,belum lagi efektivitas jangka panjang dari vaksin tersebut masih menjadi pertanyaan. Obat obatan herbal secara historis digunakan untuk infeksi saluran pernapasan akut dan umumnya menunjukkan efek yang dapat diterima. Stabilitas yang menguntungkan untuk formulasi oral dan kemudahan pembuatan, membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk profilaksis. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penggunaan herbal untuk pencegah Covid-19 di masyarakat Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan besar sampel sebanyak 20 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini diketahui rata rata jenis tanaman herbal yang digunakan masyarakat yaitu jahe, kunyit, kencur, dan jeruk nipis. Cara penggunaan herbal yang digunakan masyarakat yaitu infusa atau rebusan. Lama penggunaan herbal rata rata masyarakat menggunakan herbal sejak usia anak anak hingga usia dewasa, dimana jauh sebelum adanya pandemik Covid-19 hingga sekarang. Kata kunci: Covid-19, vaksin, obat obatan herbal, tanaman herbal, profilaksis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ertati Suarni, S.Si.M.Farm.APT 2. drg.Putri Erlyn, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Covid-19, vaksin, obat obatan herbal, tanaman herbal, profilaksis
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 22 Feb 2021 05:18
Last Modified: 22 Feb 2021 05:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14330

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.