Hubungan Antara Intensitas Bermain Video Game dan Astenopia Pada Anak Usia Remaja di Internet Cafe Emporium Palembang

Chairunnisa, NIM. 702016025 (2021) Hubungan Antara Intensitas Bermain Video Game dan Astenopia Pada Anak Usia Remaja di Internet Cafe Emporium Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702016025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text
702016025_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Astenopia adalah kumpulan gejala gangguan penglihatan yang terkait dengan kerja yang membebani mata yang mengakibatkan mata lelah. Kelelahan mata dapat menyebabkan iritasi seperti mata berair, kelopak mata merah, penglihatan ganda, sakit kepala, kekuatan akomodasi menurun dan tajam penglihatan juga dapat menurun terutama pada saat daya tahan tubuh menurun. Faktor risiko yang dapat menyebabkan astenopia salah satunya adalah durasi penggunaan komputer. Pada anak remaja, metode koping terhadap stres adalah dengan bermain video game dalam jangka waktu yang lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain video game dan astenopia pada anak usia remaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah 124 anak usia remaja yang bermain video game di Internet Cafe Emporium Palembang. Data penelitian Intensitas bermain video game dan astenopia didapatkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan remaja yang bermain video game lebih banyak ditemukan pada laki-laki (89.5%) dibandingkan perempuan (10.5%). Remaja berusia 17 tahun paling banyak ditemukan bermain video game (24,2%). Intensitas low frequency gamer paling banyak ditemukan (40,3%) sedangkan yang paling sedikit ditemukan yaitu high frequency gamer (22,6%). Astenopia ringan-sedang paling banyak ditemukan (46,8%). Angka Kejadian Astenopia pada remaja yang bermain di Internet Cafe Emporium Palembang sebesar 40,2%. Hasil uji statistik hubungan intensitas bermain video game dan astenopia menggunakan Chi-square didapatkan nilai p<0,001. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara intensitas bermain video game dan astenopia pada anak usia remaja di Internet Cafe Emporium Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. dr. Septiani Nadra Indawaty, Sp.M 2. dr. Beuty Savitri
Uncontrolled Keywords: Intensitas Bermain Video Game, Mata Lelah, Astenopia
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Pendidikan Kedokteran > oftalmologi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 22 Feb 2021 00:59
Last Modified: 22 Feb 2021 00:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.