HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN KUALITAS HIDUP MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Helen okti marantika, NIM. 702017030 (2021) HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN KUALITAS HIDUP MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universias Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
702017030_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
702017030_BAB II SAMPAI BAB TERAKHIR.......pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)

Abstract

Asma merupakan penyakit peradangan kronik saluran napas yang ditandai dengan adanya sesak nafas, mengi, batuk dan lainya. Dari gejala tersebut, asma dapat berdampak negatif pada produktifitas penderitanya, gangguan yang ditimbulkan asma dapat membatasi berbagai aktivitas sehari-hari. Asma merupakan penyakit kronik yang tidak dapat disembuhkan melainkan hanya dapat dikontrol dengan pemberian obat-obatan atau tindakan preventif lainnya, sehingga kualitas hidup dapat tetap optimal. Penelitian ini dilakukan di fakultas kedokteran universitas Muhammadiyah Palembang untuk mengetahuan hubungan antara tingkat kontrol asma dengan kualitas hidup penderita asma yang di nilai menggunakan kuesioner ACT dan AQLQ. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 39 responden yang diambil dengan metode total sampling, dimana sampelnya menggunakan semua anggota populasi yang memenuhi kriteria inklusi dan eklusi. Hasil uji statistik didapatkan tingkat kontrol asma kategori tidak terkontrol sebanyak 56,4% yang terdiri dari 25,6% responden dengan kualitas hidup buruk, 15,4% kualitas hidup sedang, dan 15,4% kualitas hidup baik. Pada penelitian didapatkan sebanyak 43,6% responden dengan asma terkontrol dan masing-masing memiliki kualitas hidup baik sebesar 30,8%, kualitas hidup sedang sebesar 7,7%, dan kualitas hidup buruk sebesar 5,1%. Ada hubungan yang signifikan antara kontrol asma dengan kualitas hidup (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Indriyani, M.Biomed 2. dr. Nyayu Fitriani, M.Bmd
Uncontrolled Keywords: Asma, tingkat kontrol asma, kualitas hidup
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Penyakit pada Sistem Pernafasan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 23 Feb 2021 01:27
Last Modified: 23 Feb 2021 01:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.