Gambaran Keluhan Kesehatan pada Pekerja SPBU Akibat Pajanan Benzena di Wilayah Seberang Ulu II

VERA NOVITA SARI, NIM. 702017065 (2021) Gambaran Keluhan Kesehatan pada Pekerja SPBU Akibat Pajanan Benzena di Wilayah Seberang Ulu II. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017065_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text
702017065_BAB II_SAMPAI-BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy

Abstract

Benzena merupakan senyawa hidrokarbon aromatik yang dapat ditemukan di udara, air, dan tanah. Salah satu kegiatan yang beresiko terpajan benzena adalah industri BBM, dengan produk yang disalurkan berupa premium, pertamax, pertamax plus, kerosene dan solar. Jalur pajanan benzena dapat melalui saluran pencernaan, pernapasan, dan kulit. Pajanan akut maupun kronis senyawa benzena dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efek pajanan benzena terhadap kesehatan adalah lama pajanan, durasi pajanan, praktik kerja meliputi penggunaan APD dan personal hygiene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keluhan kesehatan pada pekerja SPBU akibat pajanan benzena di wilayah Seberang Ulu II. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder dari SPBU di wilayah Seberang Ulu II dengan besar sampel sebanyak 50 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel peneitian ini diambil dengan cara total sampling. Hasil uji statistik didapatkan gambaran keluhan kesehatan terbanyak yang ditemukan pada pekerja SPBU di wilayah Seberang Ulu II adalah pusing sebanyak 37 orang (74%), sakit kepala sebanyak 21 orang (42%), tremor sebanyak 17 orang (34%), gejala iritasi mata sebanyak 16 orang (32%), dan takikardi sebanyak 12 orang (24 %).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1: dr. Yanti Rosita, M.Kes Pembimbing 2: Ertati Suarni, S.Si, M.Farm, APT
Uncontrolled Keywords: Pajanan benzena, APD, personal hygiene, keluhan kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 20 Feb 2021 04:22
Last Modified: 20 Feb 2021 04:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14294

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.