HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI PADA PEROKOK REMAJA

SONIA VANDURI SEJA, NIM. 702017002 (2021) HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI PADA PEROKOK REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017002_ BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
702017002 BAB II SAMPAI BAB TERAKHIR....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)

Abstract

Menurut data terbaru Global Youth Tobacco Survey (GYTS) tahun 2019, terdapat 19,2 % pelajar Indonesia yang berumur 13-15 tahun sudah mulai mencoba merokok. Data Riskesdas tahun 2018 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah perokok generasi muda. Perokok usia 10-18 tahun mencapai 9.1%. atau naik 0,3% dari tahun 2016. Ini adalah sebuah fenomena yang cukup mengkuatirkan, mengingat generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Rongga mulut merupakan jalan masuk utama untuk makanan, minuman, dan bahan-bahan lain, misalnya rokok. Merokok tidak hanya menimbulkan efek secara sistemik, tetapi juga dapat menyebabkan timbulnya kondisi patologis di rongga mulut. Merokok dapat memberikan dampak terhadap kesehatan gigi dan mulut seperti penyakit rongga mulut yaitu penyakit periodontal yang berupa gingivitis, perubahan warna pada gigi, karies, dan kehilangan gigi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian analitik observasional untuk mengetahui hubungan kebiasaan merokok dengan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi pada perokok remaja. Cara pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling, hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dengan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi yaitu ditinjau dari semakin lama merokok, semakin berat derajat merokok, dan jenis rokok yang digunakan filter maka semakin kurang baik perilaku pemeliharaan kesehatan giginya dengan nilai p value masing-masing sebesar 0,000 (p < 0,05). Kata kunci : kebiasaan merokok, perilaku pemeliharaan kesehatan gigi, perokok remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. drg. Nur Anggina, MPH 2. Ertati Suarni, S.Si.
Uncontrolled Keywords: kebiasaan merokok, perilaku pemeliharaan kesehatan gigi, perokok remaja
Subjects: Pendidikan Kedokteran > kedokteran gigi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:45
Last Modified: 19 Feb 2021 03:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14281

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.