PENGARUH PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION THERAPY TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA LANSIA

Safhira Amanda Lee, NIM. 702017066 (2021) PENGARUH PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION THERAPY TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA LANSIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017066_BAB I_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
702017066_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lansia merupakan proses alamiah yang terjadi secara berkesinambungan pada manusia akan tetapi ketika menua seseorang akan mengalami beberapa perubahan yang pada akhirnya akan mempengaruhi keadaan fungsi dan kemampuan seluruh tubuh. Menurut WHOQOL, kualitas hidup adalah kondisi fungsional lansia yang meliputi kesehatan fisik, kesehatan psikologis, hubungan sosial lansia, dan kondisi lingkungan.Progressive Muscle Relaxation Therapy merupakan teknik relaksasi yang sederhana, yaitu dengan menegangkan satu kelompok otot selama 5 – 7 detik dan melepaskan kembali keteganggannya selama 10-20 detik, kemudian diulang kembali pada kelompok otot tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Progressive Muscle Relaxation Therapy terhadap Kualitas Hidup Lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita. Metode penelitian ini adalah Pra- eksperimental dengan menggunakan desain One grop pre-test post-test. Mengukur kualitas hidup dengan menggunakan kuesioner WHOQOL-BREf. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Kota Palembang dengan jumlah 43 sampel. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Progressive Muscle Relaxation Therapy dengan Kualitas Hidup Lansia (p value = 0,000). Kata kunci : Prog

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Ni Made Elva Mayasari, Sp.JP 2. dr. Melinda Rachmadianty
Uncontrolled Keywords: Progressive Muscle Relaxation Therapy, Kualitas Hidup, Lansia
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kedokteran eksperimental
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:37
Last Modified: 19 Feb 2021 02:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14277

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.