Hubungan Membaca Al- Qur'an dan Kalimat Dzikir Menjelang Tidur Terhadap Kualitas Tidur Pada Pelajar SMA Muhammadiyah 3 Palembang

Tri Fadia Ariani, NIM. 702017043 (2021) Hubungan Membaca Al- Qur'an dan Kalimat Dzikir Menjelang Tidur Terhadap Kualitas Tidur Pada Pelajar SMA Muhammadiyah 3 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017043_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (942kB) | Preview
[img] Text
702017043_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

Kualitas tidur merupakan suatu bagian yang penting bagi kualitas hidup seseorang. Kualitas tidur adalah suatu keadaan dimana tidur yang dijalani seorang individu menghasilkan kesegaran dan kebugaran di saat terbangun. Membaca Al-Qur’an merupakan terapi religius dimana ayat-ayat yang dibacakan dalam beberapa menit atau jam dapat memberikan ketenangan bagi tubuh seseorang. Dzikir adalah salah satu bacaan yang membuat tidur menjadi lebih tenang dan aman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan membaca Al- Qur’an dan kalimat dzikir menjelang tidur terhadap kualitas tidur pada pelajar SMA Muhammadiyah 3 Palembang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian cross sectional (potong lintang) dengan besar sampel sebanyak 37 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelajar di SMA Muhammadiyah 3 Palembang. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pelajar yang membaca Al- Qur’an menjelang tidur sebanyak 27 orang (73%), sedangkan pelajar yang membaca dzikir menjelang tidur sebanyak 25 orang (67,6%), dan pelajar yang memiliki kualitas tidur yang baik sebanyak 27 orang (73%). Hasil uji statistik didapatkan bahwa kualitas tidur baik dengan membaca Al- Qur’an dan kalimat dzikir menjelang tidur yaitu nilai p-value (<0,001) lebih kecil dari alpha (0,05). Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara membaca al- Qur’an dan kalimat dzikir menjelang tidur terhadap kualitas tidur pada pelajar SMA Muhammadiyah 3 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Hibsah Ridwan, M.Sc 2. dr. Otchi Putri Wijaya
Uncontrolled Keywords: Kualitas Tidur, Al- Qur’an, Dzikir
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:23
Last Modified: 20 Feb 2021 01:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14264

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.