HUBUNGAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN K3 TERHADAP STRES PADA TENAGA KESEHATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI RSUD KAYU AGUNG

ULFAH HANIYAH, NIM. 702017078 (2021) HUBUNGAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN K3 TERHADAP STRES PADA TENAGA KESEHATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI RSUD KAYU AGUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
702017078_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
702017078_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Tempat kerja di berbagai bidang pekerjaan setiap instansi memiliki risiko bahaya kesehatan dan keselamatan pada tenaga kerja. Bahaya potensial yang dapat mengakibatkan penyakit dan kecelakaan akibat kerja di rumah sakit disebabkan oleh beberapa faktor. Dalam mengurangi risiko membahayakan tersebut setiap instansi dapat melakukan penerapan manajemen K3. Sebagai garis terdepan dalam melakukan tanggap darurat COVID-19, tenaga kesehatan dapat mengalami peningkatan stres yang berasal dari situasi kerja yang tidak pasti, serta akibat penerapan langkah K3 yang ketat dalam melakukan pencegahan penularan misalnya dengan menggunakan APD yang berat, menerapkan isolasi fisik dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan sistem manajemen K3 terhadap stres pada tenaga kesehatan selama masa pandemi COVID-19 di RSUD Kayu Agung. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik desain cross sectional dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner. Sampel penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling dengan besar sampel sebanyak 97 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi. Hasil uji statistik didapatkan hubungan penerapan sistem manajemen K3 terhadap stres pada tenaga kesehatan selama masa pandemi COVID-19 P value 0,005 (p<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan penerapan sistem manajemen K3 terhadap stres pada tenaga kesehatan selama masa pandemi COVID-19 di RSUD Kayu Agung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. dr. Putri Rizki Amalia Badri, M.KM 2. Hj. Resy Asmalia, SKM, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Sistem manajemen K3, stres pada tenaga kesehatan, pandemi COVID-19
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:35
Last Modified: 18 Feb 2021 01:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14257

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.