Hubungan Lamanya Penyakit dan Kepatuhan Pengobatan Dengan Kejadian Kaki Diabetik Pada Penderita DM

Hesti Yulia Sari, NIM. 702017032 (2021) Hubungan Lamanya Penyakit dan Kepatuhan Pengobatan Dengan Kejadian Kaki Diabetik Pada Penderita DM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017032_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
702017032_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)

Abstract

Kaki diabetik merupakan salah satu komplikasi kronis Diabetes Mellitus (DM). Terjadinya kaki diabetik diawali dengan adanya gangguan neuropati dan penyakit vaskular perifer sebagai dampak dari hiperglikemia. Kaki diabetik dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya lamanya penyakit dan kepatuhan pengobatan pada penderita DM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lamanya penyakit dan kepatuhan pengobatan dengan kejadian kaki diabetik pada penderita DM. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik desain cross sectional dengan menggunakan data primer dan data sekunder pada pasien DM tipe 2 di Puskesmas Plaju Kota Palembang dengan besar sampel sebanyak 32 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Sampel penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling. Hasil uji statistik didapatkan terdapat hubungan lamanya penyakit dengan kejadian kaki diabetik pada penderita DM tipe 2 di Puskesmas Plaju Kota Palembang P-value 0,038. Selain itu juga, terdapat hubungan antara kepatuhan pengobatan (kepatuhan monitoring glukosa darah P-value 0,038, kepatuhan diet P-value 0,012, dan kepatuhan kunjungan berobat P-value 0,004) dengan kejadian kaki diabetik pada penderita DM tipe 2 di Puskesmas Plaju Kota Palembang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara lamanaya penyakit dan kepatuhan pengobatan dengan kejadian kaki diabetik pada penderita DM tipe 2 di Puskesmas Plaju Kota Palembang. Kata Kunci: Kaki Diabetik, Lamanya Penyakit, Kepauhan Pengobatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Rury T. Oktariza, M.Si 2. dr. Budi Utama, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kaki Diabetik, Lamanya Penyakit, Kepauhan Pengobatan
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Penyakit-Penyakit
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:33
Last Modified: 18 Feb 2021 04:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14253

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.