GAMBARAN BERAT BADAN KERING DAN TEKANAN DARAH INTRADIALISIS PADA PASIEN HEMODIALISA DI RSUD PALEMBANG BARI

Memo Harry Sandra, NIM. 702017012 (2021) GAMBARAN BERAT BADAN KERING DAN TEKANAN DARAH INTRADIALISIS PADA PASIEN HEMODIALISA DI RSUD PALEMBANG BARI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017012_BAB_II_SAMPAI_ BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)

Abstract

Setiap pasien gagal ginjal kronik (GGK) memiliki manifestasi yang berbeda-beda saat dilakukan tindakan terapi hemodialisa. berat badan kering yang tercapai tanpa disertai gejala edema dan sesak nafas. Terapi hemodialisa akan berpotensial terjadi hipertensi jika laju difusi lambat dan hipotensi jika ultrafiltrasi yang terlalu cepat oleh karna itu dilakukanlah penelitian mengenai gamabran berat badan kering dan tekanan darah intradialisis pada pasien hemodialisa. Penelitian ini dilakukan di RSUD Palembang Bari pada bulan Desember-Januari 2021 dengan tujuan untuk mengetahui gambaran berat badan kering dan tekanan darah intradialisis pada pasien hemodialisa. Pengumpulan data didapatkan dari berat badan kering dan tekanan darah intradialisis yang dilangsung dilakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik yang kemudian di catat pada lembar data hasil penelitian. Data dianalisis secara univariat untuk mengetahui distribusi pada berat badan kering dan tekanan darah intradialisis pasien hemodialisa. Jumlah responden yang didapatkan pada penelitian ini sebanyak 30 orang dengan menggunakan metode Non Random Sampling. Hasil yang didapatkan adalah semua responden yang terlibat dalam penelitian sudah mencapai berat badan kering. Sedangkan untuk hasil tekanan darah terdapat (50,0%) responden mengalami Hipertensi Stage I dan (33,3%) responden mengalami Hipertensi Stage II berdasarkan tekanan darah sistolik intradialisis dan terdapat (66,7%) responden mengalami Pre-Hipertensi dan (16,7%) mengalami Hipertensi Stage I berdasarkan tekanan darah diastolic.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Adhi Permana, Sp.Pd,KGH. 2. dr. Ni Made Elva Maya Sari, Sp.Jp
Uncontrolled Keywords: Gagal ginjal kronik, Berat badan kering, Tekanan darah intradialisis
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Pendidikan Kedokteran > penyakit pada Sistem Kardiovaskuler
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:26
Last Modified: 18 Feb 2021 01:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14226

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.