HUBUNGAN PAPARAN ASAP ROKOK DENGAN DISMENOREA PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

M. ILHAM DENDY PRATAMA, NIM. 702017074 (2021) HUBUNGAN PAPARAN ASAP ROKOK DENGAN DISMENOREA PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
702017074_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (904kB)
[img] Text
702017074_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

Dismenorea adalah gangguan ginekologi yang paling umum yang sering menyerang remaja dan wanita usia produktif di seluruh dunia. Dismenorea diklasifikasikan sebagai primer atau sekunder. Angka kejadian Dismenorea di Indonesia cukup besar mencapai 60-70%. Dismenorea dipengaruhi oleh beberapa faktor risiko salah satunya yaitu paparan asap rokok. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan paparan asap rokok dengan Dismenorea pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analitik observasional dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Pengambilan sampel dengan metode proporation sampling dan didapatkan 69 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Prevalensi mahasiswi yang tidak terpapar asap rokok sebanyak 38 orang (55,1%), dan terpapar asap rokok sebanyak 31 (44,9%), prevalensi mengalami Dismenorea sebanyak 40 mahasiswi (58%) sedangkan 29 mahasiswi (42%) tidak mengalami Dismenorea. Terdapat hubungan bermakna antara paparan asap rokok dengan Dismenorea pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang dengan nilai p-value (0,003).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. dr. RA. Tanzila, M.Kes 2. dr. Vina Pramayastri
Uncontrolled Keywords: Dismenorea, Mahasiswi Kedokteran, Paparan Asap Rokok.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ginekologi (Penyakit Kandungan)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Pendidikan Kedokteran > Fisiologi Manusia (Ilmu Faal)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:10
Last Modified: 17 Feb 2021 07:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.